RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPN 9 BANDUNG
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2x40 menit
A.
Standar Kompetensi :\
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya
B. Kompetensi Dasar :
4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang
terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
C. Indikator
- Mendeskripsikan sifat-sifat fisik
atmosfer
- Mengklasifikasikan lapisan-lapisan
atmosfer
- Mendeskripsikan
cuaca dan iklim
- Mengidentifikasi
unsur cuaca dan iklim
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
1. Mendeskripsikan sifat-sifat fisik
atmosfer.
2. Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer dan
manfaatnya
3. Mendeskripsikan
perbedaan cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya
4. Menyebutkan
tipe iklim dan persebaran iklim di Indonesia
5. Mendeskripsikan
pengaruh iklim bagi kehidupan
D. Materi Pembelajaran
1.
Sifat
fisik atmosfer
2.
Lapisan-lapisan
atmosfer
3.
Cuaca dan Iklim
E. Metode Pembelajaran
- Ceramah
bervariasi
- Diskusi
- Inquiri
- Tanya
jawab
- Simulasi
- Observasi/Pengamatan
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·
Memberi
salam dan mengabsen.
·
Apersepsi
materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian atmosfer dan perbedaan antara
atmosfer dengan udara.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti: 50 menit
Siswa
dibagi 4 kelompok
Setiap
kelompok diberi tugas membaca bab atmosfer:
o
Kelompok 1 :
Pengertian Atmosfir dan sifat-sifat fisiknya
o
Kelompok 2 :
Cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya
o
Kelompok 3 :
Tipe iklim & persebaran iklim di Indonesia
o
Kelompok 4 :
Mendeskripsikan pengaruh iklim bagi kehidupan
Setiap kelompok
membuat laporan hasil bacaan
Setiap kelompok
mempresentasikan nya didepan kelas hasil bacaan.
Tanya jawab
tentang perbedaan
Guru melakukan
penjalasan materi dan penilaian dari hasil pengamatan dan pelaksanaan diskusi
dan presentasi
3.
Kegiatan Penutup: 20 menit
·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·
Menarik
kesimpulan materi yang telah dibahas.
·
Penugasan
secara berkelompok siswa melakukan pengamatan awan selama satu minggu dan
membuat laporannya (lihat Unjuk kerja hal 117). Laporan pengamatan dikumpulkan
pada pertemuan berikutnya.
- Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
-
Buku
sumber IPS SMP
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
- Penilaian
a. Teknik : Portofolio
b. Bentuk tagihan : Karangan Analitis
c.
Topik : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan
kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah
komentarmu dalam bentuk karangan analitis!
Rubrik Penilaian Karangan
Analitis
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju
isi tulisan
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah
kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon
|
|
|
|
|
Isi berupa kalimat yang kritis dan
menunjukkan kepedulian
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap
permasalahan
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Orisinalitas karangan
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Minggu, 8 Februari 2014
Kepala Sekolah
SMPN 9 BANDUNG Guru IPS
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP
Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Atmosfer
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
Kompetisi
Dasar
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan longkungannya.
B.
Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer
dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
C. Indikator
1.
Mendeskripsikan
sifat-sifat fisik atmosfer.
2.
Mendeskripsikan cuaca dan iklim.
3.
Mengidentifikasi
unsur-unsur cuaca dan iklim.
4.
Mengidentifikasi tipe hujan (orografis,
zenithal, frontal).
5.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
suhu udara.
6.
Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan
ketinggian di atas permukaan laut.
7.
Menganalisi proses terjadinya angin dan
memberikan contoh-contohnya.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan
kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1.
Mendeskripsikan lapisan
atmosfer dan pemanfaatannya
2.
Menguraikan pengertian
cuaca dan iklim beserta unsur-unsurnya.
3.
Mengenali alat pengukur
cuaca dan iklim beserta cara kerjanya.
4.
Mengidentifikasi
tipe-tipe hujan di di Indonesia
5.
Mengidentifikasi macam-macam
angin.
E. Materi
Ajar
a.
Materi
1. Atmosfer
2. Iklim dan cuaca
3. Dampak atmosfer terhadap kehidupan
F. Metode
Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya
jawab, dan
penugasan.
G.
Sumber Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS
untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengecek kehadiran peserta didik
·
Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik
yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran
·
Presentasi kelompok tentang atmosfer
·
Tanya jawab dan diskusi antara peserta didik dengan temannya
yang presentasi
·
Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru
|
50
menit
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi
pelajaran
·
Guru melakukan penilaian
·
Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat atmosfer
bagi kehidupan
·
Berdoa
·
Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya
|
20 menit
|
H. Penilaian
1. Mekanisme
dan prosedur
·
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat
kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi
hasil diskusi
2. Aspek
dan Instrumen penilaian
·
Instrumen untuk menilai
sikap menggunakan lembar pengamatan
·
Instrumen untuk menilai
proses
yaitu diskusi kelompok, dan untuk
menilai penampilan yaitu presentasi kelompok
menggunakan rubrik
3. Penugasan, membaca materi untuk
pertemuan materi yang selanjutnya.
Mengetahui, Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN
9 Bandung Mahasiswa
PPL
Oma
Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. NIM.
1103502
Nama Sekolah : SMP
Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Hidrosfer
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
Kompetisi
Dasar
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.
B.
Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
C. Indikator
1.
Mendeskripsikan
siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
2.
Mengklarifikasikan bentuk-bentuk tubuh air
permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
3.
Mendeskripsikan
zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan
keda;amannya (litoral, batial, abisal)
4.
Menafsirkan pengertian batas landas kontinen,
laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan
siklus hidrologi
2. Menjelaskan
keterkaitan kedalaman air tanah dengan bentuk muka bumi.
3. Mengidenifikasi
laut dan klasifikasinya
4. Menguraikan
pengertian pantai dan pesisir.
5. Mengidentifikasi
perairan laut di Indonesia.
6. Menjelaskan
ekosistem pantai dan pemanfaatannya.
E. Materi
Ajar
a.
Materi
1. Siklus hidrosfer
2. Jenis-jenis air
3. Dampak hidrosfer terhadap kehidupan
F. Strategi
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Cooperative Learning
Metode :
ceramah,
diskusi kelompok, tanya jawab, dan
penugasan.
G. Sumber
Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS
untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas
H. Media
1.
Media
a. Gambar-gambar hidrologi.
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengecek kehadiran peserta didik
·
Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik
yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·
Peserta didik diajak keluar kelas untuk mengamati aliran air
yang ada di sekitar sekolah, kemudian ditanyakan, “Dari mana asal aliran air
dan akan mengalir ke mana?”
·
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (siklus
hidrologi, air permukaan dan air tanah)
·
Tanya jawab tentang siklus hidrologi
·
Peserta didik membagi diri menjadi enam kelompok
·
Kelompok 1 dan 2 mendapat tugas : mengamati gambar siklus
hidrologi dan proses yang terjadi pada siklus tersebut
·
Kelompok 3 dan 4 mendapat tugas : mengamati gambar dan peta
persebaran laut, danau dan sungai yang ada di Indonesia
·
Kelompok 5 dan 6 mendapat tugas : mengamati gambar air tanah dan
proses yang terjadi pada air tanah
·
Setiap kelompok berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi
kelompok di depan kelas tentang hasil pengamatannya, sedangkan kelompok lain
diminta untuk memberikan tanggapan
·
Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi
pelajaran
·
Guru melakukan penilaian
·
Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat air
permukaan dan air tanah
·
Peserta didik mendapat tugas untuk mempelajari materi minggu
depan (batas wilayah Indonesia) dari buku yang relevan (Judul, Pengarang,
Penerbit dan halaman….)
·
Berdoa
·
Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya
|
20 menit
|
H. Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
·
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi
hasil diskusi
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
·
Instrumen untuk menilai sikap menggunakan lembar pengamatan
·
Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi
kelompok menggunakan rubrik
3.
Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi
yang selanjutnya.
Mengetahui, Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN
9 Bandung Mahasiswa
PPL
Oma
Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. NIM.
1103502
Lampiran
Gambar
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP
Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Hidrosfer
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
Kompetisi
Dasar
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.
B.
Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
C. Indikator
1.
Mendeskripsikan
siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
2.
Mengklarifikasikan bentuk-bentuk tubuh air
permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
3.
Mendeskripsikan
zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan
keda;amannya (litoral, batial, abisal)
4.
Menafsirkan pengertian batas landas kontinen,
laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan
siklus hidrologi
2. Menjelaskan
keterkaitan kedalaman air tanah dengan bentuk muka bumi.
3. Mengidenifikasi
laut dan klasifikasinya
4. Menguraikan
pengertian pantai dan pesisir.
5. Mengidentifikasi
perairan laut di Indonesia.
6. Menjelaskan
ekosistem pantai dan pemanfaatannya.
E. Materi
Ajar
a.
Materi
1. Siklus hidrosfer
2. Jenis-jenis air
3. Dampak hidrosfer terhadap kehidupan
F. Strategi
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientificLearning
Metode :
ceramah,
tanya jawab, dan penugasan.
G. Sumber
Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS
untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengecek kehadiran peserta didik
·
Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik
yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (siklus
hidrologi, perairan darat dan perairan laut)
·
Tanya jawab tentang materi pembelajaran
·
Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi
pelajaran
·
Guru melakukan penilaian
·
Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat
perairan darat dan perairan laut.
·
Berdoa
·
Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya
|
20 menit
|
H. Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
·
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi
hasil diskusi
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
·
Instrumen untuk menilai sikap menggunakan lembar pengamatan
·
Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi
kelompok menggunakan rubrik
3.
Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi
yang selanjutnya.
Mengetahui, Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN
9 Bandung Mahasiswa
PPL
Oma
Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM.
1103502
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP
Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Hidrosfer
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
Kompetisi
Dasar
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.
B.
Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
C. Indikator
1.
Mendeskripsikan
zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan
keda;amannya (litoral, batial, abisal)
2.
Menafsirkan pengertian batas landas kontinen,
laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1. Mengidenifikasi
laut dan klasifikasinya
2. Menguraikan
pengertian pantai dan pesisir.
3. Mengidentifikasi
perairan laut di Indonesia.
4. Menjelaskan
ekosistem pantai dan pemanfaatannya.
E. Materi
Ajar
a.
Materi
1. Klasifikasi Perairan
Laut
2. Gerakan Air Laut
3. Manfaat Perairan
F. Strategi
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : ScientificLearning
Metode :
ceramah,
tanya jawab, dan penugasan.
G. Sumber
Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS
untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengecek kehadiran peserta didik
·
Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik
yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (klasifikasi
perairann laut, gerakan air laut, manfaat perairan laut)
·
Tanya jawab tentang materi pembelajaran
·
Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi
pelajaran
·
Guru melakukan penilaian
·
Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat
perairan perairan laut.
·
Berdoa
·
Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya
|
20 menit
|
H. Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
·
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi
hasil diskusi
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
·
Instrumen untuk menilai sikap menggunakan lembar pengamatan
·
Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi
kelompok menggunakan rubrik
3.
Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi
yang selanjutnya.
Mengetahui, Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN
9 Bandung Mahasiswa
PPL
Oma
Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM.
1103502
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP
: Negeri 9
Bandung
Mata
Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Sub
Bab
: 1. Masa Kolonial di
Indonesia
-
Peran Indonesia dalam perdagangan dan
pelayaran antara Asia dan Eropa
-
Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia
-
Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan
pemerintahan pada masa kolonial Eropa
Alokasi : 4 jam pelajaran (2 x
pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
5.
Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial
Eropa.
B.
Kompetensi Dasar
5.3
Mendeskripsika perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa
kolonial Eropa di Indonesia.
C. Indikator
1. Melacak masuk dan berkembangnya masa kolonial
Eropa (Portugis, Belanda, dan Inggris) di
Indonesia.
2. Menguraikan saluran – saluran kolonialisasi
di Indonesia.
3. Menjelaskan
kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia
4. Menjelaskan
perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
5.
Mendeskripsikan peninggalan kebudayaan dan sejarah bercorak kolonial Eropa di
Indonesia
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
melacak masuk dan berkembangnya masa kolonial Eropa (Portugis, Belanda, dan
Inggris) di Indonesia.
2. Siswa dapat
menguraikan saluran – saluran kolonialisasi di Indonesia.
3. Siswa dapat
menjelaskan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia.
4. Siswa dapat
mendeskripsikan peninggalan kebudayaan dan sejarah bercorak kolonial Eropa di
Indonesia.
E.
Materi Pembelajaran
1. Masa Kolonial
Eropa di Indonesia.
2.
Peranan Indonesia dalam perdagangan dan pelayaran anatara Asia dan Eropa.
3.
Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia.
a. Kedatangan
bangsa Portugis ke Indonesia
b. Kedatangan
bangsa Spanyol di Indonesia
c.
Kedatangan bangsa Inggris di Indonesia
d.
Kedatangan bangsa Belanda di Indonesia
4.
Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa.
a. Masa
kolonial Portugis
b. Masa
kolonial Spanyol
c. Masa
kolonila Inggris
d. Masa
kolonial Belanda
F. Metode
Pendekatan : Inkuiri
1. Ceramah
bervariasi
2. Bertukar
pasangan
3. Tanya
Jawab
4. Tugas
G.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan
1
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik
diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada
sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan
kelas masing – masing (NKB : Peduli
lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar – gambar yang berkaitan
dengan masuk dan berkembangnya kolonial Eropa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
Elaborasi :
·
Guru membagi siswa
berpasang – pasangan ( ditunjuk oleh guru atau siswa memilih pasangannya
sendiri)
·
Guru memberikan tugas
dan siswa mengerjakan tugas bersama pasangannya
·
Setelah selesai,
siswa diberi kesempatan untuk bergabung dengan pasangan lain.
·
Siswa masing-masing
bertukar pasangan, pasangan yang baru saling menanyakan dan mengukuhkan
jawaban.
·
Setelah itu siswa
kembali pada pasangan semula dan diberi kesempatan untuk menyampaikan
jawabannya. (NKB : Harapan, Cinta
Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta
damai dan Rela)
|
50 Menit
|
3.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Siswa menyampaikan
jawaban yang telah mereka dapatkan di depan kelas
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
Pertemuan
2
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
4.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik
diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada
sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan
kelas masing – masing (NKB : Peduli
lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
·
Guru menjelaskan
materi sebelumnya
·
Siswa menjelaskan
hasil pekerjaan di pertemuan sebelumnya
|
10 Menit
|
5.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar – gambar yang berkaitan dengan
perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan, pada masa kolonial
Eropa(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air,
Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan
Rela)
Elaborasi :
·
Guru menyiapkan soal TTS (Teka – Teki Silang).
·
Guru meberikan lembar
TTS (Teka – Teki Silang) kepada siswa.
·
Siswa mengerjakan
soal-soal yang ada di TTS (Teka –
Teki Silang). (NKB
: Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian,
kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
50 Menit
|
6.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Guru dan siswa
bersama-sama membahas soal TTS
(Teka – Teki Silang).
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan oleh siswa.
·
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
H.
Sumber Belajar
-
Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
- Internet
- Lingkungan
I.
Penilaian
Pertemuan 1
i.
Isntrumen
soal
1. Apa saja daya tarik Nusantara bagi bangsa –
bangsa Eropa?
2. Carilah
para pelaut Eropa yang berhasil membuka jalan bagi pelaut-pelaut lainnya untuk
berlayar ke pusat rempah-rempah dunia?
3. Apa
yang dimaksud dengan cultuur stelsel? Apa isi dari cultuur stelsel itu?
4. Jelaskan
mengapa hubungan dagang yang terjadi antara bangsa – bangsa di Asia dan Eropa
mempunyai arti yang sangat penting bagi kemajuan peradaban umat manusia.
II.
Pertemuan
2
ii.
Instrument
soal
1. Sebutkan
dan jelaskan bekas-bekas peninggalan di dalam kebudayaan Indonesia?
2. Sebutkan
tujuan dan bentuk-bentuk aturan paksa VOC yang diterapkan di Indonesia?
3. Sebutkan
hak Oktroi yang diberikan oleh pemerintahan belanda terhadap VOC?
4. Coba
tuliskan bentuk-bentuk peninggalan sejarah pada masa kolonial Eropa?
III.
Lampiran
Bandung, 9 Maret 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Yuliyani Mulyana
NIP. 196406121984112002 NIM. 1100808
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN
9 Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok :
Pola kegiatan ekonomi
Alokasi waktu : 4 x
40menit
jam pelajaran (2 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
6.
Memahami kegiatan ekonomi
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola
pemukiman berdsarkan kondisi fisik permukaan bumi.
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
mata pencaharian penduduk sesuai dengan tempat tinggalnya.
2. Mendeskripsikan
penggunaan lahan pedesaan dan perkotaan.
3. Mendeskripsikan
pola pemukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi
mata pencaharian penduduk sesuai dengan tempat tinggalnya, baik pertanian atau
non pertanian.
2. Mendeskripsikan
bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
3. Mendeskripsikan
pola pemukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).
E.
Materi
Pembelajaran
1. Penggunaan
lahan
a. Penggunaan
lahan pertanian
b. Penggunaan
lahan bukan untuk pertanian
2. Pola
pemukiman penduduk
a. Pola
memanjang
b. Pola
terpusat
c. Pola
linear
d. Pola
mengelilingi fasilitas
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Inquiri
3. Tanya
jawab
G.
Strategi
Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik
diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada
sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan
kelas masing – masing (NKB : Peduli
lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mejelaskan
mengenai pola kegiatan ekonomi
penduduk.
·
Siswa diberi
pertanyaan oleh guru mengenai kegiatan ekonomi agar termotivasi. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir,
Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
Elaborasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca dan melihat-lihat
gambar pada materi penggunaan
lahan untuk pertanian.
·
Guru kemudian memberi
pertanyaan kepada siswa
·
Siswa yang dapat
menjawab pertanyaan akan di beri reward
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air,
Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan
Rela)
|
50 Menit
|
3.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
Pertemuan 2
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
4.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik
diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada
sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan
kelas masing – masing (NKB : Peduli
lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
|
10 Menit
|
5.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca dan melihat-lihat
gambar pada materi yang mereka pelajari.
·
Guru kemudian memberi
soal kepada siswa dan di kerjakan bersama teman sebangkunya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir,
Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
Elaborasi :
·
Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok
·
Setiap
kelompok diberikan tugas untuk mengamati aktivitas non pertanian.
Kelompok 1 : temanya tentang perindustrian
Kelompok 2 : temanya tentang perdagangan
Kelompok 3 : temanya tentang komunikasi
Kelompok 4 : temanya tentang transportasi
Kelompok 5 : temanya tentang pertambangan.
·
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan kelompoknya didepan
kelas dan diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab.
·
Kemudian guru memberikan penjelasan tentang Aktivitas pertanian
dan Non pertanian dari hasil pelaksanaan diskusi dan presentasi.
·
Siswa yang dapat
menjawab diberikan reward (NKB :
Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian,
kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
50 Menit
|
6.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
H.
Sumber dan Media
Pembelajaran
1. Buku
BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2. Internet
3. Lingkungan
I.
Penilaian
1. Jenis
tagihan :
tes / non tes
2. Teknik :
kuis, tes tertulis
3. Bentuk
instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4. Soal
intrumen :
- Uraian singkat
a. Jelaskan hambatan apa yang dialami penduduk yang
bercocok tanam diperkotaan.
b. Sebutkan
dan jelaskan aktivitas-aktivitas non pertanian?
- Pertanyaan
lisan
a. Sebutkan
nama lain dari pertanian sederhana?
b. Sebutkan
apa saja mata pencaharian penduduk yang bertempat tinggal di pesisir pantai?
c. Sebutkan
apa saja pola pemukiman penduduk?
d. Jelaskan
yang di maksud pola pemukiman mengelilingi fasilitas?
Bandung, 13
April 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM. 1103502
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 9
Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu : 4 x 40 menit jam
pelajaran (2 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi:
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi
yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan
distribusi barang/jasa.
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi.
2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis-jenis barang
yang dikonsumsi siswa.
3. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai
siswa.
4. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif seseorang.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan pengertian kegiatan ekonomi
2. Mengidentifikasi 3 kegiatan pokok ekonomi.
3. Mendeskripsikan
pengertian konsumsi.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian Kegiatan Ekonomi
a. Kegiatan Konsumsi
b. Kegiatan Produksi
a. Kegiatan Distribusi
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Inquiri
3. Tanya
jawab
G.
Strategi
Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik diingatkan
untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka
langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing
– masing (NKB : Peduli lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mejelaskan
mengenai kegiatan pokok ekonomi masyarakat.
·
Siswa diberi
pertanyaan oleh guru mengenai kegiatan ekonomi agar termotivasi. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir,
Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
Elaborasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca dan melihat-lihat
gambar pada materi yang mereka pelajari.
·
Guru kemudian membagi siswa kedalam 4 kelompok.
·
Setiap
kelompok dibagikan kartu konsep dan kartu penjelasan yang sama yakni 28
pasang
·
Setiap
kelompok memasang-masangkan kartu konsep dengan kartu penjelasan (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir,
Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
50 Menit
|
3.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
Pertemuan 2
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
4.
|
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Sebelum pembelajaran
dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·
Peserta didik
diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada
sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan
kelas masing – masing (NKB : Peduli
lingkungan)
·
Guru mengecek
kehadiran siswa
|
10 Menit
|
5.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca dan melihat-lihat
gambar pada materi yang mereka pelajari.
·
Guru kemudian memberi
soal kepada siswa dan di kerjakan bersama teman sebangkunya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir,
Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
Elaborasi :
·
Guru menjelaskan kegiatan pokok ekonomi dan behayanya perilaku
konsumtif.
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa
·
Siswa yang dapat
menjawab diberikan reward (NKB :
Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian,
kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
50 Menit
|
6.
|
Penutup
Konfirmasi :
·
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan tugas
yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas,
Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)
|
20 Menit
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2. Internet
3. Lingkungan
I.
Penilaian
1. Jenis
tagihan : tes / non tes
2. Teknik
: kuis, tes tertulis
3. Bentuk
instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4. Soal
intrumen :
- Uraian singkat
a. Menurutmu, apabila pengeluaran untuk konsumsi lebih besar dari
pendapatan, apakah lebih baik mengurangi pengeluaran atau mencari tambahan
pendapatan?
b. Jelaskan
apa yang dimaksud perilaku konsumtif dan bagaimana menanggulanginya?
a.
Bandung, 28
April 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM. 1103502
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 9
Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu : 2 x 40 menit jam
pelajaran (1 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi:
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mendeskripsikan peran badan
usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi..
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal,
lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)
2. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik
negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara
profesional dan manusiawi.
4. Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2. Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3. Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4. Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5. Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan
usaha.
6. Mengidentifikasi beberapa jenis badan usaha (menurut
pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7.
Mendeskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir Logis,
Disiplin, Cerdas, Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban)
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian usaha dan perusahaan
2. Tujuan dari perusahaan
3. Macam-macam perusahaan
4. Pengertian badan usaha
5. Jenis badan usaha
6. Peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Make a match
3. Diskusi
4. Tanya
jawab
G.
Strategi
Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi
:
1) Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran. (NKB kebersihan,
kerapihan, dan persiapan alat serta media yang diperlukan)
2) Salah
seorang siswa memimpin doa.
3) Guru
mengecek kehadiran siswa.
4) Peserta
didik ditanya tentang pembelajaran materi minggu lalu
5) Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
Siswa Diminta
menyebutkan beberapa peruahaan yang ada di daerah sekitarnya.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, logis,
Disiplin, Cerdas, Keberanian,
Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban).
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Guru
membuka pembahasan dengan menjelaskan
tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2. Siswa
mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a. Ekstraktif
b. Agraris
c. Industri
d. Perdagangan
e. Jasa
3. Setelah
mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya
mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4. Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang
berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5. Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar
kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6. Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7. Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun
internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8. Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara
berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9. Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan
kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema
masing-masing kelompoknya.
10. Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap
kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11. Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya,
menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.
|
50
menit
|
3
|
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian
kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung
Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang
pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa
manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.
|
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2. Media Gambar
3. Lingkungan
I.
Penilaian
1. Jenis
tagihan :
tes / non tes
2. Teknik
:
kuis, tes tertulis
3. Bentuk
instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4. Soal
intrumen
:
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.
Definisikan
pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.
Identifikasi
macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.
Identifikasi
tujuan dari perusahaan!
4.
Definisikan
pengertian badan usaha!
5.
Deskripsikan
hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.
Identifikasi
beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.
Identifikasikan
beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.
Deskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.
Deskripsikan
peranan pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi!
Bandung, 18
Mei 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM. 110350
Lampiran
Anggota :
Kelompok perusahaan :
Materi : Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi
Waktu : 40 menit
Petunjuk
·
Kerjakan
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·
Carilah
sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·
Cantumkan
sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina
4. Alfamart
|
2.
Perhutani
3. Dirgantara Indonesia
5. Garuda Indonesia
|
3. Dirgnesia
|
|
|
|
1. Coba identifikasi
perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.
Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut,
manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.
Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan
hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
*** SELAMAT MENGERJAKAN
***
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 9
Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu : 2 x 40 menit jam
pelajaran (1 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi:
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mendeskripsikan peran badan
usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi..
C.
Indikator
1. Mengidentifikasi macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal dan
lapangan usaha banyaknya pekerja)
2. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik
negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara
profesional dan manusiawi.
4. Mendeskripsikan peranan pemerintah Indonesia sebagai
pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2. Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3. Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4. Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5. Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan
usaha.
6. Menganalisis beberapa jenis badan usaha (menurut
pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7. Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi.
8. Menunjukkan
prilaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran ilmupengetahuan sosial.
9. Mensyukuri adanya berbagai badan usaha dalam memenuhi
kebutuhan hidup manusia
10. Mempresentikan hasil kerja kelompok dengan menunjukan
sikap bekerja sama.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian badan usaha dan perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan
berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang
tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status
dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
2. Jenis badan perusahaan
Jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha:
·
Perusahaan
ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan
alam
·
Perusahaan
agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
·
Perusahaan
industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi
menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya
·
Perusahaan
perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
·
Perusahaan
jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
Jenis badan
usaha berdasarkan kepemilikan:
·
Badan usaha
milik negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara
·
Badan usaha
milik swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok
orang dari luar perusahaan
·
Badan usaha
campuran perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara dan sekelompok
orang dari luar pemerintahan
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Make a match
3. Presentasi
4. Diskusi
G.
Strategi
Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi
:
1. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran.
2. Salah
seorang siswa memimpin doa.
3. Guru
mengecek kehadiran siswa.
Motivasi
1.
Siswa diminta
menyebutkan beberapa perusahaan yang ada di Indonesia.
2. Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Guru
membuka pembahasan dengan menjelaskan
tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2. Siswa
mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a. Ekstraktif
b. Agraris
c. Industri
d. Perdagangan
e. Jasa
3. Setelah
mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya
mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4. Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang
berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5. Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar
kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6. Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7. Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun
internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8. Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara
berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9. Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan
kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema
masing-masing kelompoknya.
10. Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap
kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11. Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya,
menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.
|
50
menit
|
3
|
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian
kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung
Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang
pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa
manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.
|
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2. Media Gambar
3. Lingkungan
I.
Penilaian
Penilaian
Pengetahuan
1. Tes
Terlampir
2. Non-Test
Penilaian Keterampilan
1.Lembar Pengamatan Produk
·
Penilaian
Produk (LKS)
No
|
Kelompok
|
Kebenaran dan kelangkapan informasi
|
Kejelasan uraian
|
Keterhubungan informasi
|
Kerapihan tulisan
|
Jml
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
Skor
|
Sangat Baik
|
14-16
|
Baik
|
11-13
|
Cukup Baik
|
8-10
|
Kurang Baik
|
<8
|
Keterangan Skor:
Skor 4 : Sangat Baik
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 1 : Kurang Baik
Skor Maksimal, 4 Aspek x Skor 4 = 16
·
Rubrik
Penialaian Produk
No
|
Aspek Penilaian
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Kebenaran
dan kelengkapan informasi
|
Informasi
yang disajikan benar serta lengkap
|
Informasi yang disajikan benar namun kurang
lengkap
|
Informasi
yang disajikan benar namun tidak lengkap
|
Informasi
yang disajikan kurang benar dan tidak lengkap
|
2
|
Kejelasan uraian
|
Informasi
disusun secara sistematis dan jelas
|
Informasi
disusun kurang sistematis dan jelas
|
Informasi
disusun kurang sistematis dan kurang jelas
|
Informasi
disusun tidak sistematis dan tidak jelas
|
3
|
Keterhubungan
informasi
|
keterhubungan
antar kalimat sangat logis
|
keterhubungan
antar kalimat logis
|
keterhubungan
antar kalimat kurang logis
|
keterhubungan
antar kalimat tidak logis
|
4
|
Kerapihan
tulisan
|
Tulisan
sangat rapih dan mudah untuk dibaca
|
Tulisan
cukup rapih dan dapat dibaca
|
tulisan
kurang rapih namun masih bisa dibaca
|
tulisan
tidak rapih dan sulit untuk dibaca
|
2.Lembar
Pengamatan Performance
No
|
Nama
|
Penguasaan materi
|
Kerjasama kelompok
|
Pemaparan mengenai kesimpulan
|
Dapat menghargai pendapat orang lain
|
JML
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Rubrik
Performance
Aspek Penilaian
|
3
|
2
|
1
|
Penguasaan
materi
|
Menguasai
materi dengan baik dan bisa menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan
dari kelompok lain
|
Cukup menguasai materi dan cukup
bisa menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan dari kelompok lain
|
Tidak menguasai materi dan tidak bisa
menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan dari kelompok lain
|
Kerjasama
kelompok
|
Kelompok
dapat menanggapi tanggapan dari kelompok lain dan saling melengkapi diantara
anggotanya
|
Hanya 1 anggota kelompok dapat
menanggapi tanggapan dari kelompok lain dan saling melengkapi diantara anggotanya
|
2-2 nya tidak bisa menanggapi
tanggapan dari kelompok lain
|
Pemaparan
mengenai kesimpulan
|
Dapat menyimpulkan materi dengan
menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat dan lengkap.
|
Kurang dapat menyimpulkan materi
dengan menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat namun lengkap.
|
Tidak dapat menyimpulkan materi dengan
menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat namun lengkap.
|
Kelompok
dapat menghargai pendapat orang lain
|
Memperhatikan pendapat orang
lain, dan menghargai pendapat yang berbeda dengan kelompoknya
|
Hanya menghargai pendapat yang sama dengan
kelompoknya saja
|
Tidak
menghargai pendapat kelompok lain
|
Keterangan
Skor
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor
1 : Tidak Baik
Skor Maksimal:
4 Aspek x Skor 3 = 12
|
|
3.Penilaian Sikap Jujur dan Tanggung Jawab
No
|
Nama
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Jml
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Skor 4 : Baik Sekali
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3 : Baik Skor
1 : Kurang Baik
Bandung, 18
Mei 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM. 1103502
Lampiran
Anggota :
Tema :
Materi :
Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi
Waktu : 40 menit
Petunjuk
·
Kerjakan
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·
Carilah
sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·
Cantumkan
sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina
4. Alfamart
|
2.
Perhutani
3. Dirgantara Indonesia
5. Garuda Indonesia
|
3. Dirgnesia
|
|
|
|
1. Coba identifikasi
perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.
Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut,
manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.
Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan
hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
***
SELAMAT MENGERJAKAN ***
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.
Definisikan
pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.
Identifikasi
macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.
Identifikasi
tujuan dari perusahaan!
4.
Definisikan
pengertian badan usaha!
5.
Deskripsikan
hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.
Identifikasi
beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.
Identifikasikan
beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.
Deskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.
Sikap apakah
yang terlebih dahulu harus dimiliki oleh orang yang akan membangun perusahaan!?
10. Menurut pendapatmu lebih penting manakah BUMN, BUMS,
atau BUC?
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Materi
Pokok : Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/
Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan
ke-1
A. Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi,
produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi
siswa
C. Media
dan Sumber
§
Guru PS Ekonomi
§
Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§
Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario
Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari
2. Guru menjelaskan materi tentang kegiatan pokok ekonomi, dan konsumsi
3. Siswa membaca materi dalam buku
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan yang
mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam kegiatan pokok
ekonomi
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan
ke-2
A. Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi,
produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
2. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku
konsumtif
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
C. Media
dan Sumber
§
Guru PS Ekonomi
§
Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§
Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario
Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola konsumsi,
aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor yang
memengaruhi konsumsi
2. Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif, dan faktor-faktor
yang memengaruhi konsumsi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
4. Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun
daftar konsumsi
yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun berdasarkan skala prioritas. Kemudian
dari daftar konsumsi itu, siswa diminta untuk menganalisa
bagaimana perilaku konsumtifnya
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
III. Pertemuan
ke-3
A. Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi,
produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
2. Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
3. Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi
4. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil
produksi
C. Media
dan Sumber
§
Guru PS Ekonomi
§
Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§
Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario
Pembelajaran
1. Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber daya
ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika ekonomi dalam memanfaatkan
faktor-faktor produksi, usaha untuk meningkatkan
jumlah dan mutu hasil produksi.
2. Siswa
dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
3. Kelompok
pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan memberi contoh kegiatan
produksi
4. Kelompok
ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu kegiatan yang dapat digolongkan sebagai
kegiatan produksi, dengan yang
bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
5. Kelompok
ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya ekonomi,
kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi.
6. Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan usaha,
dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap jenis usaha tersebut, kemudian
memberi contoh.
7. Kelompok ke lima
diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor
produksi. Kemudian memberi contoh
pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika ekonomi,
maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
8. Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara
hasil produksi
dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
9. Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja yang
dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
Masing-masing cara diberi contoh
10.
Kelompok ke delapan diberi tugas
mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi
11. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
di depan kelas
12. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru menambahkan materi yang belum tersentuh oleh siswa
13. Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Kegiatan
|
Penyampaian
|
Menanggapi
Gagasan
|
Menjawab
|
Bertanya
|
Mengkritik
|
Presentasi
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Pertemuan
ke-4
A. Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi,
produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
2. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung,
semi langsung,
dan tidak langsung)
3. Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam
kegiatan produksi
C. Media
dan Sumber
§
Guru PS Ekonomi
§
Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§
Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario
Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang distribusi
2. Siswa membaca materi tentang distribusi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
4. Siswa diminta memberi contoh
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
No comments:
Post a Comment