10/01/2015

RPP Mata Pelajaran IPS Kelas 7 Semester Genap ( 2 )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                    
Satuan Pendidikan                 : SMPN 9 BANDUNG
Mata Pelajaran                      : IPS
Kelas/ Semester                     : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu                       : 2x40 menit

A.     Standar Kompetensi        :\
 4.    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
B.     Kompetensi Dasar           :
 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
C. Indikator
  1. Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer
  2. Mengklasifikasikan lapisan-lapisan atmosfer
  3. Mendeskripsikan cuaca dan iklim
  4. Mengidentifikasi unsur cuaca dan iklim

C.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
1.      Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
2.      Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer dan manfaatnya
3.      Mendeskripsikan perbedaan cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya
4.      Menyebutkan tipe iklim dan persebaran iklim di Indonesia
5.      Mendeskripsikan pengaruh iklim bagi kehidupan

D.    Materi Pembelajaran
1.      Sifat fisik atmosfer
2.      Lapisan-lapisan atmosfer
3.      Cuaca dan Iklim

E.     Metode Pembelajaran
  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Inquiri
  4. Tanya jawab
  5. Simulasi
  6. Observasi/Pengamatan


F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·          Memberi salam dan mengabsen.
·          Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian atmosfer dan perbedaan antara atmosfer dengan udara.
·          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti: 50 menit
                  Siswa dibagi 4 kelompok
                  Setiap kelompok diberi tugas membaca bab atmosfer:
o   Kelompok 1     : Pengertian Atmosfir dan sifat-sifat fisiknya
o   Kelompok 2     : Cuaca dan iklim serta unsur-unsurnya
o   Kelompok 3     : Tipe iklim & persebaran iklim di Indonesia
o   Kelompok 4     : Mendeskripsikan pengaruh iklim bagi kehidupan
Setiap kelompok membuat laporan hasil bacaan
Setiap kelompok mempresentasikan nya didepan kelas hasil bacaan.
Tanya jawab tentang perbedaan
Guru melakukan penjalasan materi dan penilaian dari hasil pengamatan dan pelaksanaan diskusi dan presentasi
3.      Kegiatan Penutup: 20 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara berkelompok siswa melakukan pengamatan awan selama satu minggu dan membuat laporannya (lihat Unjuk kerja hal 117). Laporan pengamatan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

  1. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
-         Buku sumber IPS SMP
-         Buku-buku penunjang yang relevan
-         Internet

  1. Penilaian
a.       Teknik             : Portofolio
b.      Bentuk tagihan  : Karangan Analitis
c.       Topik                           : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah komentarmu dalam bentuk karangan analitis!

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon




Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                              Minggu, 8 Februari 2014
Kepala Sekolah SMPN 9 BANDUNG                                    Guru IPS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VII/2 
Materi Pokok               : Atmosfer
Pertemuan                    : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.     Kompetisi Dasar
4.    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

C.     Indikator
1.        Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
2.        Mendeskripsikan cuaca dan iklim.
3.        Mengidentifikasi unsur-unsur cuaca dan iklim.
4.        Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).
5.        Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi suhu udara.
6.        Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut.
7.        Menganalisi proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1.      Mendeskripsikan lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
2.      Menguraikan pengertian cuaca dan iklim beserta unsur-unsurnya.
3.      Mengenali alat pengukur cuaca dan iklim beserta cara kerjanya.
4.      Mengidentifikasi tipe-tipe hujan di di Indonesia
5.      Mengidentifikasi macam-macam angin.


E.     Materi Ajar
a.       Materi
1. Atmosfer
2. Iklim dan cuaca
3. Dampak atmosfer terhadap kehidupan

       F. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,  tanya jawab, dan penugasan.

G.    Sumber Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu



Pendahuluan

·         Berdoa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·         Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran





10 menit





Inti
·         Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran
·         Presentasi kelompok tentang atmosfer
·         Tanya jawab dan diskusi antara peserta didik dengan temannya yang presentasi
·         Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru

50 menit




Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi pelajaran
·         Guru melakukan penilaian
·         Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat atmosfer bagi kehidupan
·         Berdoa
·         Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya







20 menit













H. Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
·        Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi hasil diskusi
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
·        Instrumen untuk menilai sikap  menggunakan lembar pengamatan
·        Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi kelompok menggunakan rubrik
3.      Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi yang selanjutnya.




Mengetahui,                                                                   Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN 9 Bandung                                          Mahasiswa PPL




Oma Rohmawati, S.Pd                                                Rifal Nurkholiq
NIP.                                                                              NIM. 1103502


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VII/2 
Materi Pokok               : Hidrosfer
Pertemuan                    : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.     Kompetisi Dasar
4.    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

C.     Indikator
1.         Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
2.         Mengklarifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
3.         Mendeskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan keda;amannya (litoral, batial, abisal)
4.         Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.

D.    Tujuan Pembelajaran
     Setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1.      Menjelaskan siklus hidrologi
2.      Menjelaskan keterkaitan kedalaman air tanah dengan bentuk muka bumi.
3.      Mengidenifikasi laut dan klasifikasinya
4.      Menguraikan pengertian pantai dan pesisir.
5.      Mengidentifikasi perairan laut di Indonesia.
6.      Menjelaskan ekosistem pantai dan pemanfaatannya.


E.     Materi Ajar
a.       Materi
1. Siklus hidrosfer
2. Jenis-jenis air
3. Dampak hidrosfer terhadap kehidupan

       F. Strategi dan Metode Pembelajaran
       Pendekatan           : Cooperative Learning
       Metode                 : ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan.

G.    Sumber Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas

H.    Media
1.      Media
a.       Gambar-gambar hidrologi.

I.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu



Pendahuluan

·         Berdoa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·         Peserta didik diajak keluar kelas untuk mengamati aliran air yang ada di sekitar sekolah, kemudian ditanyakan, “Dari mana asal aliran air dan akan mengalir ke mana?”
·         Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran





10 menit





Inti
·         Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (siklus hidrologi, air permukaan dan air tanah)
·         Tanya jawab tentang siklus hidrologi
·         Peserta didik membagi diri menjadi enam kelompok
·         Kelompok 1 dan 2 mendapat tugas : mengamati gambar siklus hidrologi dan proses yang terjadi pada siklus tersebut
·         Kelompok 3 dan 4 mendapat tugas : mengamati gambar dan peta persebaran laut, danau dan sungai yang ada di Indonesia
·         Kelompok 5 dan 6 mendapat tugas : mengamati gambar air tanah dan proses yang terjadi pada air tanah
·         Setiap kelompok berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas tentang hasil pengamatannya, sedangkan kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan
·         Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru

50 menit




Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi pelajaran
·         Guru melakukan penilaian
·         Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat air permukaan dan air tanah
·         Peserta didik mendapat tugas untuk mempelajari materi minggu depan (batas wilayah Indonesia) dari buku yang relevan (Judul, Pengarang, Penerbit dan halaman….)
·         Berdoa
·         Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya







20 menit









H. Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
·        Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi hasil diskusi
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
·        Instrumen untuk menilai sikap  menggunakan lembar pengamatan
·        Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi kelompok menggunakan rubrik
3.      Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi yang selanjutnya.




Mengetahui,                                                                   Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN 9 Bandung                                          Mahasiswa PPL




Oma Rohmawati, S.Pd                                                Rifal Nurkholiq
NIP.                                                                              NIM. 1103502











Lampiran Gambar



____________________________                                        _________________________

NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VII/2 
Materi Pokok               : Hidrosfer
Pertemuan                    : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.     Kompetisi Dasar
4.    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

C.     Indikator
1.         Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
2.         Mengklarifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
3.         Mendeskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan keda;amannya (litoral, batial, abisal)
4.         Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.

D.    Tujuan Pembelajaran
     Setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1.      Menjelaskan siklus hidrologi
2.      Menjelaskan keterkaitan kedalaman air tanah dengan bentuk muka bumi.
3.      Mengidenifikasi laut dan klasifikasinya
4.      Menguraikan pengertian pantai dan pesisir.
5.      Mengidentifikasi perairan laut di Indonesia.
6.      Menjelaskan ekosistem pantai dan pemanfaatannya.


E.     Materi Ajar
a.       Materi
1. Siklus hidrosfer
2. Jenis-jenis air
3. Dampak hidrosfer terhadap kehidupan

       F. Strategi dan Metode Pembelajaran
       Pendekatan           : scientificLearning
       Metode                 : ceramah, tanya jawab, dan penugasan.

G.    Sumber Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu



Pendahuluan

·         Berdoa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·         Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran





10 menit





Inti
·         Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (siklus hidrologi, perairan darat dan perairan laut)
·         Tanya jawab tentang materi pembelajaran
·         Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru

50 menit




Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi pelajaran
·         Guru melakukan penilaian
·         Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat perairan darat dan perairan laut.
·         Berdoa
·         Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya







20 menit









H. Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
·        Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi hasil diskusi
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
·        Instrumen untuk menilai sikap  menggunakan lembar pengamatan
·        Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi kelompok menggunakan rubrik
3.      Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi yang selanjutnya.




Mengetahui,                                                                   Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN 9 Bandung                                          Mahasiswa PPL




Oma Rohmawati, S.Pd                                                Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                               NIM. 1103502


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VII/2 
Materi Pokok               : Hidrosfer
Pertemuan                    : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.     Kompetisi Dasar
4.    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan longkungannya.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

C.     Indikator
1.         Mendeskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan keda;amannya (litoral, batial, abisal)
2.         Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukannya pada peta.

D.    Tujuan Pembelajaran
     Setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi diharapkan siswa mampu:
1.      Mengidenifikasi laut dan klasifikasinya
2.      Menguraikan pengertian pantai dan pesisir.
3.      Mengidentifikasi perairan laut di Indonesia.
4.      Menjelaskan ekosistem pantai dan pemanfaatannya.


E.     Materi Ajar
a.       Materi
1. Klasifikasi Perairan Laut
2. Gerakan Air Laut
3. Manfaat Perairan

       F. Strategi dan Metode Pembelajaran
       Pendekatan           : ScientificLearning
       Metode                 : ceramah, tanya jawab, dan penugasan.

G.    Sumber Belajar
Nurdin, Muh dkk. (2014). IPS untuk SMP kelas 7. Jakarta: Depdiknas

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu



Pendahuluan

·         Berdoa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menanyakan kabar peserta didik – dengan fokus pada peserta didik yang tidak hadir dan/atau pada pertemuan sebelumnya tidak hadir
·         Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran





10 menit





Inti
·         Peserta didik menerima penjelasan pokok materi pelajaran (klasifikasi perairann laut, gerakan air laut, manfaat perairan laut)
·         Tanya jawab tentang materi pembelajaran
·         Peserta didik memperoleh konfirmasi dan penguatan dari guru

50 menit




Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang materi pelajaran
·         Guru melakukan penilaian
·         Refleksi : peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat perairan perairan laut.
·         Berdoa
·         Peserta didik keluar kelas dengan tertib pada waktunya







20 menit


H. Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
·        Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat kerja kelompok (sikap), dan penilaian penampilan melalui presentasi hasil diskusi
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
·        Instrumen untuk menilai sikap  menggunakan lembar pengamatan
·        Instrumen untuk menilai proses yaitu diskusi kelompok, dan untuk menilai penampilan yaitu presentasi kelompok menggunakan rubrik
3.      Penugasan, membaca materi untuk pertemuan materi yang selanjutnya.




Mengetahui,                                                                   Bandung, Februari 2015
Guru IPS SMPN 9 Bandung                                          Mahasiswa PPL




Oma Rohmawati, S.Pd                                                Rifal Nurkholiq
   NIP. 196406121984112002                                           NIM. 1103502

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP                            : Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester          : VII/2
Sub Bab                      : 1. Masa Kolonial di Indonesia
-         Peran Indonesia dalam perdagangan dan pelayaran antara Asia dan Eropa
-         Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia
-         Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
Alokasi                       : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
B.  Kompetensi Dasar
5.3 Mendeskripsika perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa di Indonesia.
C.  Indikator
1.  Melacak masuk dan berkembangnya masa kolonial Eropa (Portugis, Belanda, dan  Inggris)    di Indonesia.
2.  Menguraikan saluran – saluran kolonialisasi di Indonesia.
3. Menjelaskan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia
4. Menjelaskan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
5. Mendeskripsikan peninggalan kebudayaan dan sejarah bercorak kolonial Eropa di Indonesia
D.  Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melacak masuk dan berkembangnya masa kolonial Eropa (Portugis, Belanda, dan Inggris) di Indonesia.
2. Siswa dapat menguraikan saluran – saluran kolonialisasi di Indonesia.
3. Siswa dapat menjelaskan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia.
4. Siswa dapat mendeskripsikan peninggalan kebudayaan dan sejarah bercorak kolonial Eropa di Indonesia.
E.  Materi Pembelajaran
            1. Masa Kolonial Eropa di Indonesia.
            2. Peranan Indonesia dalam perdagangan dan pelayaran anatara Asia dan Eropa.
            3. Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia.
a. Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia
b. Kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia
c. Kedatangan bangsa Inggris di Indonesia
d. Kedatangan bangsa Belanda di Indonesia
4. Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa.
a. Masa kolonial Portugis
b. Masa kolonial Spanyol
c. Masa kolonila Inggris
d. Masa kolonial Belanda

F.  Metode
            Pendekatan : Inkuiri
1.      Ceramah bervariasi
2.      Bertukar pasangan
3.      Tanya Jawab
4.       Tugas
G. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
10 Menit
2.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar – gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya kolonial Eropa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

Elaborasi :
·        Guru membagi siswa berpasang – pasangan ( ditunjuk oleh guru atau siswa memilih pasangannya sendiri)
·        Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas bersama pasangannya
·        Setelah selesai, siswa diberi kesempatan untuk bergabung dengan pasangan lain.
·        Siswa masing-masing bertukar pasangan, pasangan yang baru saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban.
·        Setelah itu siswa kembali pada pasangan semula dan diberi kesempatan untuk menyampaikan jawabannya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
3.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Siswa menyampaikan jawaban yang telah mereka dapatkan di depan kelas
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit

Pertemuan 2
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
4.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
·        Guru menjelaskan materi sebelumnya
·        Siswa menjelaskan hasil pekerjaan di pertemuan sebelumnya
10 Menit
5.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar – gambar yang berkaitan dengan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan, pada masa kolonial Eropa(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)



Elaborasi :
·        Guru menyiapkan soal TTS (Teka – Teki Silang).
·        Guru meberikan lembar TTS (Teka – Teki Silang)  kepada siswa.
·        Siswa mengerjakan soal-soal yang ada di TTS (Teka – Teki Silang).  (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
6.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Guru dan siswa bersama-sama membahas soal TTS (Teka – Teki Silang).
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan oleh siswa.
·        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit

H. Sumber Belajar
- Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
- Internet
- Lingkungan





I.                   Penilaian
Pertemuan 1
i.      Isntrumen soal
1.       Apa saja daya tarik Nusantara bagi bangsa – bangsa Eropa?
2.      Carilah para pelaut Eropa yang berhasil membuka jalan bagi pelaut-pelaut lainnya untuk berlayar ke pusat rempah-rempah dunia?
3.      Apa yang dimaksud dengan cultuur stelsel? Apa isi dari cultuur stelsel itu?
4.      Jelaskan mengapa hubungan dagang yang terjadi antara bangsa – bangsa di Asia dan Eropa mempunyai arti yang sangat penting bagi kemajuan peradaban umat manusia.
II.                Pertemuan 2
ii.    Instrument soal
1.      Sebutkan dan jelaskan bekas-bekas peninggalan di dalam kebudayaan Indonesia?
2.      Sebutkan tujuan dan bentuk-bentuk aturan paksa VOC yang diterapkan di Indonesia?
3.      Sebutkan hak Oktroi yang diberikan oleh pemerintahan belanda terhadap VOC?
4.      Coba tuliskan bentuk-bentuk peninggalan sejarah pada masa kolonial Eropa?
III.             Lampiran




Bandung,  9 Maret 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Yuliyani Mulyana
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 1100808


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
            Nama Sekolah            : SMPN 9 Bandung
            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Kelas/Semester          : VII/2
            Materi Pokok             : Pola kegiatan ekonomi
Alokasi waktu            : 4 x 40menit jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
6. Memahami kegiatan ekonomi

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdsarkan kondisi fisik permukaan bumi.

C.     Indikator
1.      Mendeskripsikan mata pencaharian penduduk sesuai dengan tempat tinggalnya.
2.      Mendeskripsikan penggunaan lahan pedesaan dan perkotaan.
3.      Mendeskripsikan pola pemukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk sesuai dengan tempat tinggalnya, baik pertanian atau non pertanian.
2.      Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
3.      Mendeskripsikan pola pemukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).

E.     Materi Pembelajaran
1.      Penggunaan lahan
a.       Penggunaan lahan pertanian
b.      Penggunaan lahan bukan untuk pertanian
2.      Pola pemukiman penduduk
a.       Pola memanjang
b.      Pola terpusat
c.       Pola linear
d.      Pola mengelilingi fasilitas

F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Inquiri
3.      Tanya jawab

G.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
10 Menit
2.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mejelaskan mengenai pola kegiatan  ekonomi penduduk.
·        Siswa diberi pertanyaan oleh guru mengenai kegiatan ekonomi agar termotivasi. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

Elaborasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk  membaca dan melihat-lihat gambar pada materi penggunaan lahan untuk pertanian.
·        Guru kemudian memberi pertanyaan kepada siswa
·        Siswa yang dapat menjawab pertanyaan akan di beri reward (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
3.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit

Pertemuan  2
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
4.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
10 Menit
5.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk  membaca dan melihat-lihat gambar pada materi yang mereka pelajari.
·        Guru kemudian memberi soal kepada siswa dan di kerjakan bersama teman sebangkunya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

Elaborasi :
·        Guru membagi siswa kedalam 5 kelompok
·        Setiap kelompok diberikan tugas untuk mengamati aktivitas non pertanian.
Kelompok 1 : temanya tentang perindustrian
Kelompok 2 : temanya tentang perdagangan
Kelompok 3 : temanya tentang komunikasi
Kelompok 4 : temanya tentang transportasi
Kelompok 5 : temanya tentang pertambangan.
·        Siswa mempresentasikan hasil pengamatan kelompoknya didepan kelas dan diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab.
·        Kemudian guru memberikan penjelasan tentang Aktivitas pertanian dan Non pertanian dari hasil pelaksanaan diskusi dan presentasi.

·        Siswa yang dapat menjawab diberikan reward (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
6.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit


H.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2.      Internet
3.      Lingkungan
I.        Penilaian
1.      Jenis tagihan           : tes / non tes
2.      Teknik                    : kuis, tes tertulis
3.      Bentuk instrumen    : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4.      Soal intrumen :
- Uraian singkat
a.       Jelaskan hambatan apa yang dialami penduduk yang bercocok tanam diperkotaan.
b.      Sebutkan dan jelaskan aktivitas-aktivitas non pertanian?
-  Pertanyaan lisan
a.       Sebutkan nama lain dari pertanian sederhana?
b.      Sebutkan apa saja mata pencaharian penduduk yang bertempat tinggal di pesisir pantai?
c.       Sebutkan apa saja pola pemukiman penduduk?
d.      Jelaskan yang di maksud pola pemukiman mengelilingi fasilitas?


Bandung,  13 April 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 1103502

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
            Nama Sekolah            : SMPN 9 Bandung
            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Kelas/Semester          : VII/2
            Materi Pokok             :  Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu            : 4 x 40 menit jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi:
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa.

C.     Indikator
1.      Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi.
2.      Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis-jenis barang yang dikonsumsi siswa.
3.      Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.
4.      Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mendefinisikan pengertian kegiatan ekonomi
2.      Mengidentifikasi 3 kegiatan pokok ekonomi.
3.      Mendeskripsikan pengertian konsumsi.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Kegiatan Ekonomi
a.       Kegiatan Konsumsi
b.      Kegiatan Produksi
a.       Kegiatan Distribusi

F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Inquiri
3.      Tanya jawab

G.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
10 Menit
2.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mejelaskan mengenai kegiatan  pokok ekonomi masyarakat.
·        Siswa diberi pertanyaan oleh guru mengenai kegiatan ekonomi agar termotivasi. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

Elaborasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk  membaca dan melihat-lihat gambar pada materi yang mereka pelajari.
·        Guru kemudian membagi siswa kedalam 4 kelompok.
·        Setiap kelompok dibagikan kartu konsep dan kartu penjelasan yang sama yakni 28 pasang
·        Setiap kelompok memasang-masangkan kartu konsep dengan kartu penjelasan (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
3.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit

Pertemuan  2
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
4.       
Pendahuluan
Apersepsi :
·        Sebelum pembelajaran dimulai guru memeriksa kebersihan kelas
·        Peserta didik diingatkan untuk mengamati sekitar bangku masing – masing dan jika ada sampah, maka langsung dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan di depan kelas masing – masing (NKB : Peduli lingkungan)
·        Guru mengecek kehadiran siswa
10 Menit
5.       
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·        Guru mengarahkan siswa untuk  membaca dan melihat-lihat gambar pada materi yang mereka pelajari.
·        Guru kemudian memberi soal kepada siswa dan di kerjakan bersama teman sebangkunya. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

Elaborasi :
·        Guru menjelaskan kegiatan pokok ekonomi dan behayanya perilaku konsumtif.
·        Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
·        Siswa yang dapat menjawab diberikan reward (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

50 Menit
6.       
Penutup
Konfirmasi :
·        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas yang akan di kerjakan di rumah oleh siswa. (NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, kejujuran, Cinta damai dan Rela)

20 Menit


H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2.      Internet
3.      Lingkungan
I.       Penilaian
1.      Jenis tagihan : tes / non tes
2.      Teknik : kuis, tes tertulis
3.      Bentuk instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4.      Soal intrumen :
- Uraian singkat
a.       Menurutmu, apabila pengeluaran untuk konsumsi lebih besar dari pendapatan, apakah lebih baik mengurangi pengeluaran atau mencari tambahan pendapatan?
b.      Jelaskan apa yang dimaksud perilaku konsumtif dan bagaimana menanggulanginya?
a.        


Bandung,  28 April 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 1103502

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
            Nama Sekolah            : SMPN 9 Bandung
            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Kelas/Semester          : VII/2
            Materi Pokok             :  Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit jam pelajaran (1 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi:
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi..

C.     Indikator
1.      Mendeskripsikan macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)
2.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi.
4.      Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2.      Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3.      Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4.      Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5.      Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha.
6.      Mengidentifikasi beberapa jenis badan usaha (menurut pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7.      Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban)

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian usaha dan perusahaan
2.      Tujuan dari perusahaan
3.      Macam-macam perusahaan
4.      Pengertian badan usaha
5.      Jenis badan usaha
6.      Peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi

F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Make a match
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab











G.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1
Pendahuluan
Apersepsi :
1)      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran. (NKB kebersihan, kerapihan, dan persiapan alat serta media yang diperlukan)
2)      Salah seorang siswa memimpin doa.
3)      Guru mengecek kehadiran siswa.
4)      Peserta didik ditanya tentang pembelajaran materi minggu lalu
5)      Siswa menerima informasi kompetensi, materi,  dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
Siswa Diminta menyebutkan beberapa peruahaan yang ada di daerah sekitarnya.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, logis, Disiplin, Cerdas,  Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban).

10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Guru membuka pembahasan dengan menjelaskan tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2.      Siswa mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a.  Ekstraktif
b. Agraris
c.  Industri
d. Perdagangan
e.  Jasa
3.   Setelah mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4.     Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5.     Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6.     Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7.     Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8.     Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9.      Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema masing-masing kelompoknya.
10.  Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11.  Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya, menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.

50 menit
3
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung

Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.




H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2.      Media Gambar
3.      Lingkungan
I.       Penilaian
1.      Jenis tagihan           : tes / non tes
2.      Teknik                    : kuis, tes tertulis
3.      Bentuk instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4.      Soal intrumen          :
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.      Definisikan pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.      Identifikasi macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.      Identifikasi tujuan dari perusahaan!
4.      Definisikan pengertian badan usaha!
5.      Deskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.      Identifikasi beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.      Identifikasikan beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.      Deskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.      Deskripsikan peranan pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi!






Bandung,  18 Mei 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 110350










Flowchart: Punched Tape: LEMBAR KERJA SISWA 
SEJARAH INDONESIA
 


mikir.jpgLampiran



Anggota                       :


Kelompok perusahaan   :
Materi                          : Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi Waktu               : 40 menit
Petunjuk                 
·       Kerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·       Carilah sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·       Cantumkan sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina

4. Alfamart                                                                         
       2. Perhutani                                    3. Dirgantara Indonesia

                    5. Garuda Indonesia
3. Dirgnesia



1.       Coba identifikasi perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.       Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut, manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.       Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
*** SELAMAT MENGERJAKAN ***


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
            Nama Sekolah            : SMPN 9 Bandung
            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Kelas/Semester          : VII/2
            Materi Pokok             :  Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit jam pelajaran (1 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi:
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi..

C.     Indikator
1.      Mengidentifikasi macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal dan lapangan usaha banyaknya pekerja)
2.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi.
4.      Mendeskripsikan peranan pemerintah Indonesia sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2.      Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3.      Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4.      Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5.      Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha.
6.      Menganalisis beberapa jenis badan usaha (menurut pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7.      Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
8.      Menunjukkan prilaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran ilmupengetahuan sosial.
9.      Mensyukuri adanya berbagai badan usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia
10.  Mempresentikan hasil kerja kelompok dengan menunjukan sikap bekerja sama.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian badan usaha dan perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

2.      Jenis badan perusahaan
Jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha:
·         Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
·         Perusahaan agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
·         Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya
·         Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
·         Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa

Jenis badan usaha berdasarkan kepemilikan:
·         Badan usaha milik negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara
·         Badan usaha milik swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan
·         Badan usaha campuran perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara dan sekelompok orang dari luar pemerintahan


F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Make a match
3.      Presentasi
4.      Diskusi




G.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1
Pendahuluan
Apersepsi :
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran.
2.      Salah seorang siswa memimpin doa.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.
Motivasi
1.      Siswa diminta menyebutkan beberapa perusahaan yang ada di Indonesia.
2.      Siswa menerima informasi kompetensi, materi,  dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Guru membuka pembahasan dengan menjelaskan tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2.      Siswa mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a.  Ekstraktif
b. Agraris
c.  Industri
d. Perdagangan
e.  Jasa
3.   Setelah mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4.     Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5.     Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6.     Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7.     Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8.     Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9.      Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema masing-masing kelompoknya.
10.  Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11.  Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya, menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.

50 menit
3
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung

Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.




H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2.      Media Gambar
3.      Lingkungan
I.       Penilaian
Penilaian Pengetahuan
1.      Tes
Terlampir
2.      Non-Test

Penilaian Keterampilan
1.Lembar Pengamatan Produk
·         Penilaian Produk (LKS)
No
Kelompok
Kebenaran dan kelangkapan informasi
Kejelasan uraian
Keterhubungan informasi
Kerapihan tulisan
Jml






























Nilai
Skor
Sangat Baik
14-16
Baik
11-13
Cukup Baik
8-10
Kurang Baik
<8
Keterangan Skor:  
Skor 4        : Sangat Baik
Skor 3        : Baik
Skor 2        : Cukup Baik
Skor 1        : Kurang Baik



     
                             

Skor Maksimal, 4 Aspek x Skor 4 = 16

·        Rubrik Penialaian Produk
No
Aspek Penilaian
4
3
2
1
1
Kebenaran dan kelengkapan informasi
Informasi yang disajikan benar serta lengkap
Informasi yang disajikan benar namun kurang lengkap
Informasi yang disajikan benar namun tidak lengkap
Informasi yang disajikan kurang benar dan tidak lengkap
2
Kejelasan uraian
Informasi disusun secara sistematis dan jelas
Informasi disusun kurang sistematis dan jelas
Informasi disusun kurang sistematis dan kurang jelas
Informasi disusun tidak sistematis dan tidak jelas
3
Keterhubungan informasi
keterhubungan antar kalimat sangat logis
keterhubungan antar kalimat logis
keterhubungan antar kalimat kurang logis
keterhubungan antar kalimat tidak logis
4
Kerapihan tulisan
Tulisan sangat rapih dan mudah untuk dibaca
Tulisan cukup rapih dan dapat dibaca
tulisan kurang rapih namun masih bisa dibaca
tulisan tidak rapih dan sulit untuk dibaca

2.Lembar Pengamatan Performance
No
Nama
Penguasaan materi
Kerjasama kelompok
Pemaparan mengenai kesimpulan
Dapat menghargai pendapat orang lain
JML






















·        Rubrik Performance
Aspek Penilaian
3
2
1
Penguasaan materi
Menguasai materi dengan baik dan bisa menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan dari kelompok lain
Cukup menguasai materi dan cukup bisa menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan dari kelompok lain
Tidak menguasai materi dan tidak bisa menjawab pertanyaan atau menanggapi tanggapan dari kelompok lain
Kerjasama kelompok
Kelompok dapat menanggapi tanggapan dari kelompok lain dan saling melengkapi diantara anggotanya
Hanya 1 anggota kelompok dapat menanggapi tanggapan dari kelompok lain dan saling melengkapi diantara anggotanya
2-2 nya tidak bisa menanggapi tanggapan dari kelompok lain
Pemaparan mengenai kesimpulan
Dapat menyimpulkan materi dengan menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat dan lengkap.
Kurang dapat menyimpulkan materi dengan menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat namun lengkap.
Tidak dapat menyimpulkan materi dengan menggunakan bahasa sendiri yang jelas, singkat namun lengkap.
Kelompok dapat menghargai pendapat orang lain
Memperhatikan pendapat orang lain, dan menghargai pendapat yang berbeda dengan kelompoknya
Hanya menghargai pendapat yang sama dengan kelompoknya saja

Tidak  menghargai pendapat kelompok lain









Keterangan Skor
Skor 3  : Baik
Skor 2  : Cukup Baik
Skor 1  : Tidak Baik            
Skor Maksimal: 4 Aspek x Skor 3 = 12

Nilai
Skor
Baik
8-12
Cukup Baik
5-8
Tidak Baik
1-4
3.Penilaian Sikap Jujur dan Tanggung Jawab
No
Nama
Jujur
Tanggung Jawab
Jml
















Keterangan Skor:
Skor 4  : Baik Sekali                 Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3  : Baik                           Skor 1  : Kurang Baik






Bandung,  18 Mei 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 1103502
Flowchart: Punched Tape: LEMBAR KERJA SISWA 
IPS

mikir.jpgLampiran



Anggota                  :


Tema                      :
Materi                     : Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi Waktu         : 40 menit
Petunjuk                 
·       Kerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·       Carilah sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·       Cantumkan sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina

4. Alfamart                                                                         
       2. Perhutani                                    3. Dirgantara Indonesia

                    5. Garuda Indonesia
3. Dirgnesia



1.       Coba identifikasi perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.       Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut, manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.       Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
*** SELAMAT MENGERJAKAN ***


Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.      Definisikan pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.      Identifikasi macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.      Identifikasi tujuan dari perusahaan!
4.      Definisikan pengertian badan usaha!
5.      Deskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.      Identifikasi beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.      Identifikasikan beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.      Deskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.      Sikap apakah yang terlebih dahulu harus dimiliki oleh orang yang akan membangun perusahaan!?
10.  Menurut pendapatmu lebih penting manakah BUMN, BUMS, atau BUC?












 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran    :     Ekonomi
Materi Pokok      :     Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                 :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                        konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.      Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang                                          dikonsumsi siswa
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan                                                            kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari     
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang kegiatan  pokok ekonomi, dan                                                                  konsumsi
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan                                        yang mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam                                                      kegiatan pokok ekonomi
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa


II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                        konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.      Indikator
                  1.      Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
                  2.      Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
                  3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                      konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                                faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  2.      Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                         konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                                faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun daftar                                        konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun                                               berdasarkan skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu,                                                                    siswa diminta untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya

         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                        konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

         B.      Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
                  2.      Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
                  3.      Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor                                         produksi
                  4.      Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna                                                                 meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi

         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber                                          daya ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika                                                   ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk                                           meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
                  2.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
                  3.      Kelompok pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan                                         memberi contoh kegiatan produksi
                  4.      Kelompok ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu                                                        kegiatan yang dapat digolongkan sebagai kegiatan produksi, dengan                                             yang bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
                  5.      Kelompok ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya                                                    ekonomi, kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya                                      ekonomi.
                  6.      Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan                                         usaha, dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap                                                   jenis usaha tersebut, kemudian memberi contoh.
                  7.      Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi                                                         dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi. Kemudian memberi                                                 contoh pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika                                                ekonomi, maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
                  8.      Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara hasil                                                  produksi dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
                  9.      Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja                                          yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil                                                       produksi. Masing-masing cara diberi contoh
                  10.    Kelompok ke delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan                                              jumlah dan mutu hasil produksi
                  11.    Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil                                           diskusi di depan kelas        
                  12.    Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru  menambahkan                                            materi yang belum tersentuh oleh siswa
                  13.    Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang                                                         dipelajari

         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi



Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total





















IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                        konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.      Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
                  2.      Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi                                         langsung, dan tidak langsung)
                  3.      Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi                                           dalam kegiatan produksi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang distribusi
                  2.      Siswa membaca materi tentang distribusi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diminta memberi contoh          
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                  Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE




No comments:

Post a Comment