11/08/2015

Fotografi lebih cepat dengan Laser Auto Focus: ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

Asus Zenfone 2
KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUA. Bukan, ini bukan kabar dari kulit manggis. Kabar gembira ini khususnya bagi kita semua para pecinta fotografi yang sayangnya dilahirkan dari keluarga middle class, which is seberapa cintanya pun kita sama fotografi tetep aja kalo beli Canon 1D, 5D, 7D dan kamera profesional lain mah tetep gak mungkin kebeli, kecuali kalo kamu rela jual ginjal. *hahahaaa. Walau demikian kita gak perlu kaya banget buat punya hobby fotografi, hidup kita di jaman modern ini membuat segalanya menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah kehadiran gadget yang bisa melakukan berbagai task. Penulis berani bertaruh kalau kamu yang baca adalah anak muda kelahiran 2000an kesini pasti ga perlu beli kalkulator, diary, walkman, mp4, memo, alat perekam, game-bot atau kamera digital. Semuanya udah tersedia di gadget. Iya gak? Penulis jadi sedih jadi anak 90an. *kok curhat

Oke back to topic, baru baru ini telah keluar varian baru dari asus zenfone yang akan memanjakan kamu semua pecinta fotografi. Asus memang sedang gencar-gencarnya terhadap pasar Smartphone Global, selain mereka masih fokus mengembangkan  Komputer serta Laptop  Asus Global juga sedang mengekslpore untuk mengekspansi ke persaingan Smartphone Global, karena mereka tahu pasar Smartphone sedang naik-naiknya. Terbukti dari pengunjung blog ini yang sebagian besar diakses via mobile, via PC mah cuma 30%-an tiap hari. Berkat trend Smartphone di masyarakat yang terus meningkat serta kebutuhan akan perangkat pintar yang mungil dan mudah untuk dibawa. Sebagai jawaban atas kefokusan mereka lahirlah Asus Zenfone 2 Laser.



Asus Zenfone 2 Laser  mengusung kamera belakang 13 MP disertai laser autofocus dan kamera depan beresolusi 5 MP. Melihat kelahiran Asus Zenfone 2 Laser yang sama disisi kamera, tampaknya Asus memang sedang membidik kalangan muda yang sedang hobi berfoto dan selfie.
Selain itu ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG merupakan smartphone Android Lollipop . Ia juga hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar smartphone 5 inci yang sangat tinggi dan merupakan smartphone quad core berlayar HD, RAM 2GB dan Gorilla Glass 4 yang paling terjangkau. 

Gorilla Glass 4 yang dimiliki Asus Zenfone 2 Laser mampu memberi 2x daya tahan dari kerusakan akibat jatuh, 2,5x penigkatan kekuata dan 85% tahan banding dibandungkan pendahulunya Gorilla Glass 3. Untuk yang ingin melihat betapa mempuninya gorilla glass 4 kamu bisa check cominggorillaglass.com untuk mencari jawabannya.
Gorilla Glass

Lalu pertanyaan sejuta dolarnya adalah kenapa Asus lebih memilih layar 5 inchi? dibanding 4 inchi yang lebih pocket, atau 6 inchi yang lebih besar. Usut punya usut ternyata ini adalah sebagai jawaban atas tuntutan pasar Indonesia yang dimana ternyata orang Indonesia lebih suka layar berukuran 5". Kamu bisa check disini biar lebih ngerti selera pasar smartphone orang Indonesia,

Selain itu orang Indonesia juga selalu ingin up to date terhadap OS. Asus pun merilis Zenfone 2 Laser dengan OS Android terbaru yaitu Android Lollipop.
Android Lollipop
Zenfone 2 Laser lahir dengan fitur kamera yang menawarkan performa layaknya kamera DSLR yang sering dipakai oleh fotografer pemula dan profesional, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kualitas kamera DSLR sangat bagus. Yang menonjol dari kamera Asus Zenfone 2 Laser adalah ia memiliki fitur Autofocus Laser. Fungsi Autofocus Laser pada Asus Zenfone 2 Laser adalah kameranya memungkinkan bisa fokus ke sebuah objek yang akan di ambil menjadi lebih cepat di dapat.


Semua smartphone berteknologi laser Autofocus rata-rata dibanderol diatas 5 Juta Rupiah, Namun menariknya harga Asus Zenfone 2 Laser akan dibanederol lebih murah walaupun didalamnya telah dibenamkan teknologi kamera canggih tersebut. Baik banget yak ASUS. Emmm tayang tayang. 

ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG merupakan smartphone pertama di kelasnya which is middle class yang memiliki kamera resolusi 13MP di bagian belakang dan sudah dilengkapi dengan fitur Laser Auto-Focus. Fitur ini sebelumnya telah hadir di gadget premium class nya LG G3 yang harganya bisa dibilang sadis. Kamera belakang  Zenfone 2 Laser ini juga dilengkapi dual-LED real tone flash dan sebuah kamera 5 megapixel di depan.


Dengan lensa Toshiba dengan bukaan f/2.0 yang digunakan, smartphone ini akan mampu menangkap gambar dengan cepat serta mengambil foto dengan detail, saturasi dan level kontras yang sangat baik pada kondisi day-light. Kombinasi hardware dan software yang ada membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Adapun fokus biasa (yakni Phase Detection Auto Focus) perlu mendeteksi ketajaman foto secara frame by frame. Akhirnya lensa perlu berpindah-pindah mencari posisi yang tepat dan pada akhirnya memperlambat penemuan fokus objek. Silakan simak video berikut kalau kamu ingin melihat perbandingan antara laser auto focus pada Zenfone 2 Laser dengan Phase Detection Auto Focus yang digunakan pada iPhone 6 Plus. iPhone 6 dilawan cuy, gokil gak tuh?


Modus pengambilan foto yang disediakan juga sangat lengkap. Secara total, ada 18 modus pemotretan yang disediakan. Dua modus terbaru yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera 2.0 adalah Slow Motion dan Time Lapse.
18 Modus


Pengalaman memotret dengan kamera DSLR juga bisa didapat pada Zenfone 2 Laser 5.0 dengan memanfaatkan Manual Mode. Adapun pengaturan manual yang bisa dipilih mulai dari level horizontal, histogram chart, emotional zoom, shutter speed, white balance, ISO, exposure value, focus distance, saturation, contract, sharpness, noise reduction, metering, autofocus yang terpisah dan juga titik-titik auto exposure. Jadi berasa profesional banget kan?


Ceritanya ngatur ISO
Pada kamera belakang, ASUS membenamkan teknologi laser auto focus yang menawarkan kejelasan fokus yang cepat, which is adalah keunggulan utama dari gadget ini. Sinar laser infra merah yang dipancarkan mampu mengukur jarak dengan kecepatan tinggi, setelah pengukuran jarak tersebut barulah lensa mengatur fokus dengan cepat. Secepat lensa SIGMA yang gede lah kalo di DSLR mah. Cuman mungkin minus suara transformer berubah aja pas ngatur fokus. *ceeet ciiiit ceeeet (bunyi lensa Sigma kira-kira). ASUS mengklaim bahwa fokus akan didapat hampir secara instan, hingga 0,2 detik setelah shutter ditekan. Gokil kan?
Laser Auto Fokus

Dibandingkan dengan fokus berbasis kontras tradisional, Zenfone 2 Laser dua kali lebih cepat dalam menemukan fokus. Laser infra merah akan menghitung jarak kamera terhadap objek yang lebih akurat dan lensa akan mempercepat pengaturan posisi untuk mendapatkan gambar terbaik.

Laser Auto Focus pada smartphone ini juga bermanfaat buat kamu yang gemar fotografi jarak dekat. Ia juga bermanfaat saat akan mengambil foto di ruangan dengan pencahayaan kurang ataupun saat malam hari. Karena fokus nya tidak lagi hanya mengandalkan rangsangan cahaya, tapi mengukur jarak dengan laser.

Selain itu, fitur sentuh ZenMotion gesture, yakni dengan menuliskan huruf C dengan jari saat smartphone dalam kondisi idle akan mengaktifkan aplikasi kamera. Nah, di sini, fitur laser auto focus yang mampu menemukan fokus dalam waktu hingga 0,2 detik, akan mempercepat proses pengambilan foto. Artinya, kamu tidak akan kehilangan momen yang terlintas sangat cepat itu. Jaga-jaga aja kalau di Indonesia ada Tornado, bisa deh langsung deh kamu jepret. Jangan sampai melewatkan moment sepenting itu. Hahahahaa

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang lebih baik, sejumlah produsen smartphone menempatkan LED flash. Namun demikian, biasanya hasilnya terlalu silau, over contrast. Which is objek depan akan terang, dan background akan terasa gelap disertai bayangan. Asus telah mengoptimalkan LED flash pada Zenfone 2 termasuk seri Laser dengan menggunakan Dual Color Real Tone Flash. Metode ini menggunakan pencahayaan dari LED berwarna kuning dan putih, tidak seperti flash berwarna putih yang biasa digunakan pada smartphone pada umumnya.

Ingin foto dengan detail dan ketajaman tinggi? Silakan coba modus Super Resolution. Pada fitur ini, kamu bisa mengoptimalkan kemampuan kamera Asus PixelMaster dengan cara menggabungkan empat gambar menjadi satu hingga menghasilkan foto dengan kualitas hampir 32MP. Pada kondisi pencahayaan baik, lebih banyak detail akan terlihat. Sementara dalam kondisi redup, noise level bisa direduksi.

Berikut ini beberapa hasil foto menggunakan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG:
Saat memotret matahari, foto gedung masih jelas. Biasanya suka agak bocor cahaya. (HDR Mode)
HDR Mode HDR ( Fitur Backlight ) dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing otomatis mengambil beberapa gambar, kemudian gambar-gambar ini digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang jelas dan detail. Pada Mode Super HDR ini otomatis akan menggambil banyak foto dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda, dan secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis sampai 4x lebih luas dan akan membuat gambar menjadi lebih terang sampai 400%, termasuk meningkatkan kontras dan juga detail, agar foto terlihat alami. Teknologi ini menyempurnakan semua foto yang diambil di cahaya ekstrim, dibantu dengan proses Wide Dynamic Range (WDR) untuk menambah kecerahan dan detail, dan menjadikan foto tampil lebih sempurna setiap saat.

(Panorama mode)
Super Resolutiion Mode ZenFone 2 Laser ZE500KG menggunakan teknik pemrosesan gambar spesial (Multiframe Fusion Technology) untuk menghasilkan foto super detail. Dengan mengambil dan menggabungkan 4 x foto 8 MP untuk membuat 1 foto baru yang 4 X lebih cerah. Pada Kondisi terang atau gelap tetap bisa menikmati foto yang lebih detail dan bebas noise dengan Resolusi sampai dengan 32 Mp...WOW!

Background dibuat kabur, kita biasa menyebutnya BOKEH

Dari sisi perekaman video, kamu juga akan mendapatkan kemampuan perekaman video yang cukup mumpuni di Asus Zenfone 2 Laser 5.0. Kamu bisa merekam dengan resolusi maksimal FullHD 1920 x 1080. Dan yang menarik, ia juga sudah dilengkapi dengan video stabilization yang bisa membantu perekaman video menjadi lebih stabil.

Asyiknya lagi, saat kita merekam video, laser autofocus dari smartphone ini tetap bekerja sebagaimana saat mengambil foto. Artinya, jika kamu menggunakan smartphone ini untuk merekam video, kamu tidak perlu khawatir fokus dari gambar video akan kabur, karena laser auto focus akan bekerja dengan cepat untuk menemukan kembali fokus tersebut.

Anda tertarik untuk membeli dan mendapatkan Smartphone Asus Zenfone 2 Laser ini? maka kamu tak perlu dalam-dalam merogoh kocek karena mereka tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Sekitar 1,5 juta - 2,2 jutaan pada November ini, tergantung tipe apa yang kamu minati. Bahkan dari apa yang diberikannya nanti, Asus Zenfone 2 Laser pantas untuk anda minati apalagi untuk yang hobi fotografi dan belum sempat menjajal fitur laser autofocus yang merupakan terobosan terbaru dari dunia Smartphone Android. 

Terakhir buat bahan pertimbangan kamu, berikut spesifikasi dari ASUS Zenfone 2 Laser. 


Spesifikasi ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG












2 comments:

  1. Keren Mas, kamera laser ini memang sungguh baru di inovasi smartphone yang ada. Kunjungan baliknya ya, klik http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/11/asus-zenfone-2-laser-50-ze500kg-harga.html

    ReplyDelete