11/09/2015

Review Bukalapak APPS: Pengalaman Pengguna



Ada sebuah kalimat, mungkin bisa disebut pepatah yang sudah terlampau sering (baca:bosan) kita dengar. Bunyinya gini.
"Tak ada yang abadi, semua hal akan selalu berubah, yang abadi hanyalah perubahan itu sendiri" 
Entah siapa yang menciptakan kalimat ini, but you know that was true right? Semua hal sekitar kita berubah bahkan kita sendiri juga pastilah berubah. Mungkin dulu kamu masih tengil dan bau amis, sekarang kamu sudah jadi anak muda hits dan always being hype. Mungkin dulu tahun 90an orang telfonan pake telpon rumah, sekarang kita pake handphone, bahkan sekarang banget nih nelpon pake pulsa udah gak zaman. Sekarang zamannya nelpon pake kuota, which is pake aplikasi pihak ketiga. Kalau penulis sih lebih suka pake line. Kalau kamu?

Perubahan pun terjadi dalam hal ekonomi, khususnya metode transaksi. Bila zaman dulu banget orang-orang pakenya barter, zaman dulu gak pake banget udah pake uang (zaman sekarang juga masih pake uang sih,). Tapi kalau zaman sekarang kita sudah tidak perlu untuk bertatapan muka dengan pembeli. Atau kalau posisi kamu sebagai penjual, kamu gak perlu mencari-cari pembeli dengan system door to door. Please guys door to door is really fuckin old method. It will be better if we not use it anymore.

Beruntunglah kita sekarang hidup di tahun 2015 yang dimana jual-beli bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Terimakasih kepada Internet yang memberikan jalan untuk berkreasi dan berinovasi, Terimakasih juga kepada gadget yang membuat internetan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Juga tak lupa terimakasih untuk para Bank yang telah membuat transfer antar rekening dengan cepat dan mudah. Kalian luar biasa. 

Dengan dukungan ketiga faktor diatas (Internet, Gedget, dan Transfer Bank) lahirnya istilah baru dalam ekonomi yaitu e-commerce (perdagangan elektronik). Diambil dari wikipedia 
E-commerce penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll. Gitu katanya.
Kabar baiknya adalah mayoritas dari paraghraph dua dari wiki ini, kalian sudah bisa lakukan sendiri menggunakan gadget. Cukup dengan mendownload aplikasi e-commerce di gadget kamu. Aplikasi tersebut akan membuat kamu lebih mudah dalam mencari, memilih, kontak dengan penjual, tawar-menawar, deal-dealan sampai dengan tahap pembayaran. Keren gak tuh.
Salah satu aplikasi e-commerce yang lagi trend dan ngehype di Indonesia adalah aplikasi bukalapak.com. Biar makin greget kita comercial break dulu sebentar oke, tonton iklan buka lapak dibawah ini!
Setelah comercial break, pembahasan selanjutnya adalah tutorial (procedure) bagaimana mudahnya kita jual-beli cuma modal jari. In my case, betapa mudahnya membeli barang cuma modal jari. Oh iya, satu lagi buka lapak juga memeberikan perlindungan konsumen berupa uang kembali 100 % kepada konsumen bila barang belum sampai dalam waktu 4x24 jam. Kaya yang diiklan anak kost yang nendang galon. Yng teriak "Barang gua manaaaaaa...............???"
Berikut akan dijelaskan tahapan penggunaannya:

Step 1 Download aplikasi bukalapak.com

Untuk mendownload Apps BukaLapak.com melalui iPhone kamu, silakan masuk ke App Store kemudian pilih search dan ketikkan “BukaLapak.com” atau masuk klik disini melalui browser safari iPhone mu. Bagi pengguna Android, silakan mendownloadnya melalui Play Store atau melalui klik disini.



Download Apps E-commerce




Step 2 Sign up atau Log  in

Setelah Apps BukaLapak.com terpasang di hp mu, sekarang buka aplikasi tersebut dan tekan menu “Transaksi” di pojok kanan bawah. Nanti akan muncul tombol “Daftar” dan “Login”. Jika sudah memiliki akun di BukaLapak.com, silakan klik “Login”. Jika belum, klik “Daftar” untuk registrasi.
Proses pendaftaran mudah. Kita tinggal memasukan data diri dengan email yang valid dan masih aktif.
Log in

Nanti akan ada email konfirmasi yang menyatakan bahwa akun kita telah terdaftar. Jangan lupa untuk mengklik link yang ada di dalam email tersebut sebagai bukti bahwa email yang didaftarkan memang benar adalah email kita.
Setelah itu, buka kembali aplikasi BukaLapak.com dan klik “Login” kemudian isikan data sesuai dengan data awal pendaftaran.
Selamat! Anda sudah berhasil terdaftar dan sudah bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di Apps BukaLapak.com





Step 3 Cari Barang yang Kamu Mau


Ketikan barang apa yang ingin kamu beli, atau kamu juga bisa melihat barang-barang yang dijual melalui pilihan kategori. Kategori nya pen terbilang banyak dan juga bisa disortir berdasarkan apa yang kamu mau. Bisa termurah, terbaru, termahal, dan relevansi.
Pilihan Sortir
Pilihan kategori







Step 4 Bayar Transaksi

Jika barang yang Anda cari sudah ditetapkan, silakan lanjutkan dengan membayarnya dengan menekan “Bayar Transaksi”. Anda akan dibawa ke menu/halaman baru “Pengiriman”. Di halaman ini, isikan alamat pengiriman (Alamat Anda). Setelahnya, Anda akan melihat sekali lagi “Rincian Biaya” berupa biaya transaksi (barang) dan biaya kirim serta kode unik.

Pilihan Bank
Klik Lanjut

Jika barang yang Anda cari sudah ditetapkan, silakan lanjutkan dengan membayarnya dengan menekan “Bayar Transaksi”. Anda akan dibawa ke menu/halaman baru “Pengiriman”. Di halaman ini, isikan alamat pengiriman (Alamat Anda). Setelahnya, Anda akan melihat sekali lagi “Rincian Biaya” berupa biaya transaksi (barang) dan biaya kirim serta kode unik.




Step 5 Tunggu Barang Sampai di Rumah

Kalau ini gausah dijelasin lagi intinya kamu tinggal diem aja tunggu 3 hari. KELAR DEH


Terakhir sedikit himbauan dari bukalapak. Please enjoy e-commerce dan tetap berhati-hati terhadap penipuan




No comments:

Post a Comment