11/11/2015

Sejarah Kartu Remi: Suicide King



The Suicide King


Author: John
Source: Creepypasta.com





*********************************************


Kartu remi jaman sekarang penuh dengan makna dan simbol yang bisa ditelusuri ke masa berabad-abad silam. Kartu-kartu Raja, misalnya, dibuat berdasarkan empat penguasa dalam sejarah: Raja Wajik adalah Julius Caesar yang kaya raya, Raja Keriting adalah Aleksander Agung yang brutal, Raja Sekop adalah Daud yang kuat dan bijak, dan Raja Hati adalah...si gila Charles VII dari Prancis. Kartu terakhir inilah yang akan kita bicarakan, terutama karena Charles adalah satu-satunya penguasa yang sempat hidup untuk melihat wajahnya digambar pada kartu.


Wajah Charles digambar pada kartu di masa-masa awal pemerintahannya, tapi ia sendiri tak pernah bermain kartu, hingga bertahun-tahun kemudian ketika ia sakit parah dan diberitahu bahwa ia harus berbaring di tempat tidur untuk seterusnya. Saat itulah Charles mulai belajar permainan kartu untuk mengisi waktu luang, misalnya permainan "vingt-et-un" (Dua-Satu), versi awal dari permainan blackjack.


Charles berbaring karena sakit selama dua tahun berikutnya, terus-menerus memainkan kartu, dan semakin lama semakin lemah. Dia mulai meracau bahwa kartu Raja, yang merupakan kartu ke-13 dalam susunan kartu, adalah pembawa sial baginya. Dia terus mengoceh tentang melihat angka 13 dimana-mana, dan bersumpah akan membongkar rahasia di baliknya. Semua orang menganggap racauan tersebut disebabkan oleh penyakitnya, sehingga Charles dinyatakan gila dan putranya, Louis XII, naik tahta.


Suatu hari, hanya beberapa bulan setelah Charles turun tahta, salah satu dokternya masuk ke kamarnya, dan melihat Charles berdiri di tengah kamar sambil memegang pedang besar. Sebelum si dokter sempat bereaksi, Charles berseru “Ils m’ont montré la vérité de treize, et il n’est pas signifié pour les yeux mortels!" ("Mereka telah menunjukkan padaku kebenaran di balik angka 13, dan itu bukan untuk dilihat manusia!"). Charles kemudian menusukkan pedangnya ke sisi kepala kirinya, hingga tembus ke sisi satunya. Dia goyah sejenak, kemudian ambruk dan mati.


Setelah insiden itu diumumkan, dimana publik diberitahu bahwa Charles melakukan itu karena kegilaannya, gambar Charles diubah sedemikian rupa sehingga menunjukkan gambar sang raja menusuk kepalanya sendiri. Walaupun gambar-gambar kartu yang ada sekarang sudah lebih diperhalus, gambar Charles yang menusuk kepalanya sendiri masih ada di kartu-kartu jaman sekarang.


Yang paling aneh dari kisah ini mungkin adalah fakta bahwa Charles bunuh diri pada tanggal 6 Juli 1462 (6-7-1462). Entah kebetulan atau tidak, 6 + 7 = 13, dan 1 + 4 + 6 + 2 = 13.


END


- Beruthiel




3 comments: