6/01/2013

Business Plan Pakaian

Proposal Business Plan


BAB I
LATAR BELAKANG

Nama Perusahaan             :  Holiq clothing
Bidang Usaha                  :  Produksi Barang
Jenis Produk                     :  Pakaian

1.1         Identifikasi Peluang Bisnis

Pakaian adalah kebutuhan primer manusia. Selain untuk melindungi dari terik matahari, bagi anak muda pakaian merupakan suatu cara mereka mengekspresikan dirinya. Karenanya akan banyak anak munda yang rela menghabiskan uangnya demi membeli pakaian/mode yang sesuai dengan keinginannya.
Pakaian yang tepat dapat membuat pemakainya lebih percaya diri. Apalagi apabila dilakukan dengan memadu padankan baju, celana, jake, sepatu, jam dsb yang dikenakan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan.

1.2         Penjelasan Produk

Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Untuk membuat jilbab ini, kami cukup menyediakan krudung paris polos, kain perca yang berwarna-warni, beraneka ragam warna benang sulam, dan iket atau dalaman kerudung. Krudung paris di lukis dengan menggunakan kain perca dan benang sulam, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari. Dalaman krudung atau iket bisa dibuat dari kain perca itu sendiri ataupun dari kain iket yang kemudian dihiasi kain perca dan benang sulam, sama hal nya dengan krudung paris. Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan warna jilbab dan iket.
Selain menyajikan hijab lukis dan iketnya, kami juga menyelipkan berbagai model atau cara pakai jilbab yang bisa dicontoh pada setiap kemasan jilbab. Model tersebut berbentuk tutorial hijab, sehingga mempermudah konsumen untuk mempelajari cara memakainya. Selain memberi model atau  contoh cara pakai, kami juga memberi rekomendasi tentang baju apa yang pantas di pakai dan warna apa yang sesuai.

1.3         Latar Belakang Bisnis

Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini fashian menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja . Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun remaja yang memiliki banyak baju tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi remaja dan membantu mereka untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.

1.4         Tujuan

1          Tujuan Umum
a.         Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.         Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
2          Tujuan Khusus
a.         Membantu wanita muslim mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab
b.         Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat

1.5         Potensi Bisnis

Dalam era pembangunan dewasa ini dunia fashion mengalami perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, menyebabkan manusia cenderung untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Salah satunya adalah pemenuhan akan kebutuhan sandang, karena pada hakekatnya kebutuhan sandang merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang. Sehingga dalam kondisi seperti ini menjadi peluang bagi pengusaha pedagang baju untuk menyediakan kebutuhan konsumen akan suatu tempat membeli barang atau toko yang layak. Salah satu bentuk usaha tersebut adalah factory Outlet.
Bandung merupakan pasar yang cukup potensial bagi pengusaha retail dalam mengembangkan usahanya, pertimbangan tersebut didasarkan banyak warga masyarakat dari luar Bandung yang bekerja di sana, tentu saja AiOne Factory Outlet ini hadir dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan toko-toko baju atau outlet-outlet yang ada di mall karena berbagai pakaian yang dijual di AiOne Factory Outlet ini datangkan langsung dari produsen fashion dari Jakarta, Bandung maupun dari Solo.
Dari segi lokasi, AiOne Factory Outlet sangatlah strategis karena berada di dekat pusat perbelanjaan. Walaupun AiOne berada didekat pusat perbelanjaan namun hal itu bukan menjadi kendala dalam menghadapi persaingan dengan toko-toko baju yang ada didalam pusat perbelanjaan, justru situasi tersebut akan kami manfaatkan untuk menarik minat masyarakat untuk memilih alternatif dalam berbelanja kebutuhan fashion yang lebih murah dan tentunya berkualitas.
Kota Batam yang merupakan kota industri menjadi magnet bagi masyarakat di Indonesia untuk mencari pekerjaan, sehingga dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk semakin meningkat. Kebutuhan akan sandang juga semakin meningkat terutama bagi kaum wanita dan juga remaja yang biasanya selalu mengikuti tren atau mode pakaian terbaru.
Selain wanita juga remaja, pasar yang juga Aione bidik adalah wisatawan dalam maupun luar negeri terutama wisatawan malaysia dan singapura karena di AiOne factory Outlet ini kami juga menyediakan pakaian batik dan juga berbagai macam asesoris unik yang merupakan hasil dari kerajinan tangan, dimana seperti diketahui bahwa turis asing sangat menyukai hal-hal yang unik terutama yang bertemakan kebudayaan, dan hal itu kami sajikan dalam factory outlet kami.
Seperti diketahui bahwa Aione factory outlet mengambil barang langsung dari produsen sehingga Aione mempunyai keunggulan-keunggulan terutama masalah harga. Harga pakaian yang ditawarkan di AiOne ini sangat terjangkau berbeda dengan harga pakaian yang dijual di mall atau pusat-pusat perbelanjaan besar lain yang biasanya akan lebih mahal karena terkena pajak lagi. Qualitas baju dan juga model baju yang di tawarkan di AiOne Factory Outlet ini sangat bagus karena Aione senantiasa selektif dalam menghadirkan tren baju terkini, agar bisa memberikan kepuasan bagi para konsumen.
Letak AiOne factory Outlet yang berada didekat pusat perbelanjaan akan juga memberikan peluang pasar yang lebih besar agar produk yang Aione hadirkan semakin dikenal dan juga digemari oleh masyarakat.
AiOne Factory Outlet berdiri pada tahun 2007 dan berlokasi di Batam yaitu di Jl. Imam Bonjol No 4 & 5 Nagoya Batam, akan tetapi untuk kedepannya Aione juga mempunyai rencana untuk membuka cabang di kota lain di Indonesia dan bahkan apabila Aione factory outlet semakin berkembang, kami akan memperluas cabang hingga ke Singapura dan Malaysia.
Selain memperluas cabang factory outlet, Aione juga memberikan tawaran dan juga kesempatan bagi para investor atau mitra kerja untuk bekerja sama dengan Aione, misalnya dengan membeli fashion melalui Aione factory outlet dalam partai besar lalu menjualnya kembali di toko anda, kelebihan dari sistem seperti ini bagi para mitra kerja adalah akan mendapatkan diskon khusus sehingga mitra kerja akan memperoleh keuntungan yang lebih, Aione juga akan membantu mitra kerja Aione dalam hal pemasaran misalnya memberikan kiat-kiat dan juga memberikan strategi pemasaran yang baik kepada mitra kerja.

Baca juga : Business Plan Makanan

1 comment: