7/04/2021

Solusi HDMI not connected Mi TV 4 ke PC Windows 10

Smart TV Mi TV 4 gak nyambung sama PC Windows 10

 

Halo gua Rifal

Kali ini gua mau cerita kalau kemarin gua punya masalah saat nyambungin Smart TV Mi TV 4 ke PC.  Pas gua klik input HDMI di menu-nya, loading muter-muter bentar tapi ujungnya NOT CONNECTED.

 

Loading bentar kirain nyambung, ternyata masih not connected



Dari 3 port HDMI yang ada di belakang TV, ga ada satupun yang bisa connect ke PC.

Gua nyari-nyari tutorial di youtube bahasa Indonesia, bahasa inggris, sama inggris logat india ga ada satupun yang berhasil. Atau caranya gua skip karena harus bongkar2 alias terlalu susah buat dipraktekin.erikut adalah hal-hal yang telah gua lakuin dan gagal:

  1.   Cabut pasang kabel HDMI (gagal)
  2.   Bersihin kabel HDMI/ ditiup2 dan dibersihin pake cotton bud (gagal juga)
  3. Restart PC Restart Mi TV (gagal juga) 
  4. Display mode jadi 2 monitor (masih gagal, monitor 2  ga kebaca)

Sampai akhirnya gua menyerah sama tutorial-tutorial yang ada di youtube karena ga ada satupun yang berhasil…

 

Lalu gua nyari di google ngetik “problem hdmi not connected Mi TV”. Dan dapet salah satu forum yang bilang katanya kalah driver display adapter ga cocok. Katanya harus uninstall dulu driver display adapter baru install lagi di situs NVIDIA cari yang tahun 2017 dan udah bisa nyambung HDMI ke Mi TV 4 akhirnya bisa nyambung juga.

 

Makasi Mas Mechipod, caranya berhasil di saya

_____________

 

Berikut gua contohin apa yang dulu gua lakuin dan berhasil ngikutin mas-mas microsoft forum.

  1. Kalian pergi ke device manager, cari display adapter, dan klik kanan di NVIDIA GeForce GT 1030 (Ini beda-beda tergantung VGA yang lu pake)
    Abis uninstal bakal jadi driver bawaan microsoft tapi jelek kalo dipake ngegame

  2. Kunjungi situs ini buat download driver NVIDIA tahun 2017 (https://www.nvidia.com/en-us/drivers/results/128421/)
    Ukurannya sekitar 400 Mb
  3.  Instal file exe hasil download kalian tadi. (ga perlu dari device manager)

  4. Kalau udah selesai coba sambungin HDMI kalian dari PC ke Mi TV 4. Dalem kasus gua INI BERHASIL
    Berhasil HORE

Selamat kalau udah berhasil, kalau gagal mungkin kalian coba tutorial-tutorial dari youtube India. Biasanya youtuber India lebih produktif bikin tutorial-tutorial permasalahan komputer.

Terakhir dari gua, entah ini permasalahan terjadi di TV gua aja atau di TV semua orang.

Kalau gua nyalain PC duluan, baru nyalain Mi TV 4 HDMI jadi gak kebaca. Tapi kalau sebaliknya gua nyalain Mi TV 4 terus klik input HDMI duluan, baru nyalain PC. Langsung nyambung.

 

Kalau soal ini gua nyari-nyari juga belum nemu jawabannya kenapa?

Mohon bantunnya buat tulis di comment kalau kalian ada permasalahan kayak gini juga tapi memperbaikinya dengan cara berbeda. Siapa tau ada yang akan tertolong dengan comment kalian seperti gua yang tertolong sama comment2 orang2 di forum Microsoft.
 

No comments:

Post a Comment