7/03/2013

Membuat Kartu Kuning (AK-1) untuk Persyaratan Kerja.


Hari ini gue mau cerita nih, tadi siang gue baru aja ngebuat SKCK sama Kartu Kuning buat yg pertama kalinya. And do you know guys? Ternyata mudah bangeuud. mending buat persyaratan kerja 10 kali deh daripa ngurus-ngurus pemasangan Baligo di kampus. Sumpah deh.

Ok, back to topic. pertama-tama kalian mesti tau dulu "apa aja sih persyaratan cari kerja". berikut gue bikin list nya.
1. ijazah tetinggi yg pernah didapet.
2. sertifikat yg berhubungan sama pekerjaan yg lo lamar.
3. fotocopy KTP 
4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
5. Kartu kuning (AK-1)
6. Surat lamaran kerja.
7. and dont forget about CV (Curriculum Vitae)

nah dari berbagai persyaratan diatas, semuanya pasti udah ada dirumah dan bisa dibuat sendiri. kecuali Kartu Kuning, SKCK sama Ijazah tentunya. Oya kalo gak punya ijazah jangan maksain buat sendiri ya guys. mesti penuh perjuangan buat mendapatkannya. heheheeh :p

Jreng, jreng, jreng, jreng and now time to main topic.

Cara membuat Kartu Kuning (AK-1)
kartu kuning (AK-1) adalah kartu yang dikeluarin oleh Depnakertrans dan menjadi salah satu syarat untuk melamar kerja yang paling penting. Selain itu kartu kuning juga berfungsi buat ngehitung jumlah tenaga kerja di Indonesia. Dan yg paling penting dan paling menguntungkan adalah...................para perusahaan sama lembaga-lembaga yg butuh tenaga kerja bakal minta data-data kartu kuning ke Depnakertrans. Moga aja lo dapet panggilan dari perusahaan buat disuruh kerja. Kan enak ga perlu jalan sana-sini, ampe keringat lo jadi banjir bandang buat ngelamar.
Multi fungsi banget ya ini AK-1. Hebat lah pokoknya mah.

Berikut adalah penampakan dari kartu kuning yang gue search di google.





Ok, sebelumnya persiapin ini dulu dari rumah ya:
1. fotocopy KTP
2. pas foto 2x3 dua biji aje
3. ballpoint (pulpen)
4. ijazah terakhir lo
5. sama niat dan siapin uang 10 rebu (buat jaga-jaga aja sih soalnya tadi gue bikin gratisss)

Habis semua persiapan udah siap selanjutnya kamu mesti melakukan langkah-langkah sbb:
1. Siapkan niat dan cari tau alamat Dipartemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DEPNAKERTRANS). kan ga lucu kalo semuanya udah siap tapi lo nyari-nyari tuh dinas berjam-jam. udah ketemu alamatnya dinas nya udah tutup. kan berabe.
2. Datang ke Depnakertrans dengan hati-hati. Jangan sampe ugal-ugalan ya, hormati pengguna jalan yang lain. Nah loh!!!!
3. Mintalah formulir kepada petugas.
4. Isilah formulir dengan jujur dan apa adanya. Jangan ditambah-tambahin ya. Ntar bakal ada pengawas yang bakal ngebimbing lo dalam ngisi formulir. jaga-jaga aja kalo lo ga bisa ngisi ato gak ngedadak amnesia. hahahaha.
 Di dalemnya ada juga jabatan yg diinginkan sama gaji yg diinginkan loh. Ntar berguna buat perusahaan kalo butuh pegawe baru.
5. Kasiin kembali Formulir disertai fotocopy KTP sama pas foto 2x3 ke petugas disana. duduk ditempat yg telah disediakan, ngerokok-rokok lah kalo lo bete.
6. Siapkan telinga dengan baik. karena ntar petugas nya bakal teriakin nama lo. kan bakal disebut TULI, BONGE, TOREK, GOBLOK kalo lo ga nyamperin. Jangan sampe terjadi ya, takutnya lo ga kuat menanggung hukuman sosial dari orang-orang sekitar lo disana.
7. setelah nama lo dipanggil, kemudian tanda-tanganin AK-1 yang udah jadi, habis tanda tanganin terus bergegas ke fotocopy terdekat buat ngelegalisir.
8. setelah selesai memfotocopy. kembali lagi ke kantor Depnakertrans, kasiin fotocopian AK-1 nya, mereka bakal legalisir. dan udah deh beres. Gratis tis tis tis. Tadi pas gue nanya ke petugasnya dengan bahasa sunda yg sopan dan benar
Gue        : "Atos ieu teh pak".
Petugas   : "Teu langkung"
maksud dari kata "teu langkung" adalah terserah. Dia menempatkan gue pada suatu keadaan yg canggung dan adalah sebuah pilihan yang dilematis buat gue antara ngasih uang dan langsung pulang, ato pulang dulu terus ngasi uang. Namun pada akhirnya naluri enterpreneur gue membimbing gue buat menggunakan modal sebaik-baiknya, jgn diboroskan pada hal-hal yg tidak terlalu prioritas. Dan akhirnya gue pun pulang dan misi membuat AK-1 Acomplisshed.


Itu adalah pengalaman gue membuat kartu kuning di Depnakertras Kab. Garut. Tiap daerah punya pelayanan pembuatan AK-1 yg berbeda-beda. Jadi persiapkan segalanya ya. Kalo perlu ijazah dari TK sampe Kuliah.

Thats it. Ada sebuah pepatah sunda mengatakan "Hirup mah kudu Meurih meh meunang Peurah". translae in pake Bahasa jadi "Hidup itu harus perih agar punya bisa"
Jadi bercape-cape dahulu ya bikin persyaratan kerja kaya ginian, dan yakinlah suatu saat semuanya akan indah pada waktunya. HeHeHe :p

OK guys nama gue Rifal Nurkholik, selamat membuat AK-1!! (ala stand up comedy ceritanya)

7 comments:

  1. Replies
    1. canggih memang jaman sekarang. Thanks for share.
      Bos cara bisi bikin "link" di coment gimana yah? msih newbie.hehee

      Delete
  2. makasih artikelnya
    proses buat kartu kuning
    mudah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mudah sob, tapi kalo lagi musim CPNS kadang nyebelin. Antrian nya bisa sepanjang antrian Dufan di libur lebaran. Sepanjang jalan kenangan deng. Hahaha

      Delete
  3. thanks masbro.. Semoga saya buatnya gratis juga. Besok mau buat soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob pasti gratis, yang sabar aja ngantrinya. Worth it kok

      Delete