4/02/2016

Pertanyaan dan Jawaban saat Interview Kerja

TAHAP 1 SIKAP SAAT INTERVIEW

Tahap Interview adalah tahap paling menentukan dari rangkaian Tes Seleksi yang dilakuka perusahaan,  namun sayangnya, banyak yang gagal di tahap ini karena kesalahan-kesalahan kecil yang menurut User (pewawancara)  adalah fatal, misal kurang pengetahuan, atau sikap yang buruk.

Salah satu kesalahan pelamar saat interview yang sering gak disadari namun bisa fatal adalah BAHASA TUBUH. 

Buat para pelamar, mungkin tips ini gak penting. tapi buat HR, Bahasa Tubuh akan sangat penting diperhatikan karena jadi penilaian tersendiri.

Beberapa bahasa tubuh yang mengganggu :
  1. Tertawa terbahak-bahak (tanda kurang sopan)
  2. Meminta pengulangan pertanyaan berkali kali (tanda kurang fokus)
  3. Tidak melihat mata lawan bicara (tanda sulit adaptasi/kurang PD)
  4. Badan Membungkuk/ Kepala Menunduk (tanda kurang PD)
  5. Memajukan/mencondongkan badan ( tanda menantang)
  6. Menggerak-gerakkan benda/tangan (tanda mudah cemas)
  7. Bola mata sering melihat ke arah kanan atas (tanda berbohong)
  8. tangan di pangku (tanda sombong)
  9. menjawab pelan, singkat dan lambat (tanda kurang semangat)
  10. Pegangan tangan saat salaman lemah ( tanda kurang PD)
  11. Memainkan hidung (tanda berbohong)
  12. Pakaian kusut (tanda teledor)
  13. Nada bicara tinggi (tanda mudah emosi)
  14. Jawaban cenderung Menggebu-gebu tapi kemudian pelan di tengah-tengah (tanda semangatnya cuma diawal)
  15. Mata sayu (tanda pemalas/mudah sakit)

TAHAP 2 TANYA JAWAB

1. Tolong ceritakan mengenai diri anda ?
Jika mendapat pertanyaan seperti ini, jawablah dengan rumus: Present-Past-Future. Jadi anda perlu menceritakan mengenai anda saat ini, lalu apa yang anda lakukan di masa lalu, dan apa rencana anda setelah diterima nantinya.

2. Mengapa anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan terdahulu?
“Saya mencari kesempatan yang lebih baik sekaligus mengembangkan keahlian saya.”

3. Apa kekuatan terbesarmu?
“Saya belajar dengan cepat dan bisa bekerja dengan baik di dalam team.”

4. Bagaimana latar belakang pendidikan telah mendukung karir anda?
“Pendidikan saya tidak hanya fokus pada teori saja, tapi juga praktek-praktek yang bisa diterapkan berdasarkan teori-teori tersebut.”

5. Mengapa kami harus menerima anda?
“Jika saya diterima, itu akan menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan keahlian saya. Apapun tantangannya, saya akan memastikan saya akan bisa menaklukkannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.”

6. Pernahkah anda mengalami konflik dengan atasanmu?
“Pernah. Seringkali memang ada ketidaksetujuan yang perlu diselesaikan. Saya menyadari bahwa konflik akan membantu saya untuk memahami perspektif orang lain. Dengan sedikit kesabaran dan waktu, saya akan mendengar sudut pandang mereka dan mengajukan solusi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.”

7. Apakah anda merasa sudah sukses?
“Ya. Saya merasa sukses ketika ingat kalau saya banyak dikelilingi orang-orang baik. Mereka adalah keluarga, sahabat atau kolega yang sudah menemani perjalanan hidup saya sampai sejauh ini.”

8. Seandainya anda diterima, kira-kira sampai kapan anda mau bekerja di perusahaan ini?
“Sepanjang saya merasa tertantang secara profesional.”

9. Apa yang anda tidak suka dari kolega anda?
“Saya percaya team work. Kalau ada yang membuat saya tidak suka, saya akan menghindarinya, kecuali itu mengganggu saya secara pribadi.”

10. Bagaimana cara anda bekerja di bawah tekanan?
“Tetap tenang. Saya pikir yang akan membantu saya di situasi seperti itu adalah kesabaran dan juga kemampuan untuk multi tasking.”

11. Bagaimana anda melihat diri anda dalam lima tahun ke depan?
“Saya melihat diri saya menduduki jabatan senior, mengelola portfolio penting di perusahaan ini.”

12. Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?
“Saya bisa berkembang secara profesional dan memiliki masa depan yang cerah.”

13. Apa kelemahan terbesarmu?
“Saya hanya bisa konsentrasi untuk satu hal pada satu waktu.”

14. Selain di perusahaan kami, di perusahaan mana lagi anda mengikuti interview?
Jika mendapat pertanyaan seperti ini, artinya interviewer tertarik untuk menerima anda dan ingin mengetahui “kompetisi” untuk mendapatkan anda.
Contoh jawaban: “Saya telah melamar di beberapa perusahaan IT dimana saya dapat menggunakan keahlian saya untuk menganalisis kebutuhan klien untuk menemukan solusi bagi masalah teknologi yang mereka hadapi.”

15. Apakah anda pertanyaan untuk kami?
Kapan saya bisa mulai bergabung?

No comments:

Post a Comment