7/28/2015

Contoh RPP Mata Pelajaran IPS Bab Kegiatan Pokok Ekonomi Metode Mix and Match

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

            Nama Sekolah            : SMPN 9 Bandung
            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Kelas/Semester          : VII/2
            Materi Pokok             :  Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit jam pelajaran (1 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi:
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi..

C.     Indikator
1.      Mendeskripsikan macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)
2.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi.
4.      Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2.      Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3.      Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4.      Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5.      Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha.
6.      Mengidentifikasi beberapa jenis badan usaha (menurut pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7.      Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir Logis, Disiplin, Cerdas, Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban)

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian usaha dan perusahaan
2.      Tujuan dari perusahaan
3.      Macam-macam perusahaan
4.      Pengertian badan usaha
5.      Jenis badan usaha
6.      Peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi

F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Make a match
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab











G.    Strategi Pembelajaran

Pertemuan 1
NO
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1
Pendahuluan
Apersepsi :
1)      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran. (NKB kebersihan, kerapihan, dan persiapan alat serta media yang diperlukan)
2)      Salah seorang siswa memimpin doa.
3)      Guru mengecek kehadiran siswa.
4)      Peserta didik ditanya tentang pembelajaran materi minggu lalu
5)      Siswa menerima informasi kompetensi, materi,  dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
Siswa Diminta menyebutkan beberapa peruahaan yang ada di daerah sekitarnya.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, logis, Disiplin, Cerdas,  Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban).

10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Guru membuka pembahasan dengan menjelaskan tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2.      Siswa mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a.  Ekstraktif
b. Agraris
c.  Industri
d. Perdagangan
e.  Jasa
3.   Setelah mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4.     Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5.     Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6.     Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7.     Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8.     Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9.      Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema masing-masing kelompoknya.
10.  Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11.  Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya, menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.

50 menit
3
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung

Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.




H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2.      Media Gambar
3.      Lingkungan
I.       Penilaian
1.      Jenis tagihan           : tes / non tes
2.      Teknik                    : kuis, tes tertulis
3.      Bentuk instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4.      Soal intrumen          :
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.      Definisikan pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.      Identifikasi macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.      Identifikasi tujuan dari perusahaan!
4.      Definisikan pengertian badan usaha!
5.      Deskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.      Identifikasi beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.      Identifikasikan beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.      Deskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.      Deskripsikan peranan pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi!






Bandung,  18 Mei 2015

Guru Pamong,                                                                        Guru Praktikan,



Oma Rohmawati, S.Pd                                                           Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002                                                   NIM. 110350










 




































Lampiran



Anggota                       :


Kelompok perusahaan   :
Materi                          : Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi Waktu               : 40 menit
Petunjuk                 
·       Kerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·       Carilah sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·       Cantumkan sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina

4. Alfamart                                                                         
       2. Perhutani                                    3. Dirgantara Indonesia

                    5. Garuda Indonesia
3. Dirgnesia



1.       Coba identifikasi perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.       Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut, manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.       Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
*** SELAMAT MENGERJAKAN ***




No comments:

Post a Comment