RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 9
Bandung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Kegiatan Pokok Ekonomi
Alokasi waktu : 2 x 40 menit jam
pelajaran (1 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi:
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mendeskripsikan peran badan
usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi..
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
macam-macam badan usaha. (menurut pemilik modal,
lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk badan hukum)
2. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (milik
negara/daerah, milik swasta, koperasi)
3. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara
profesional dan manusiawi.
4. Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan pengertian usaha dan perusahaan
2. Mengidentifikasi macam-macam perusahaan
3. Mengidentifikasi tujuan dari perusahaan
4. Mendefinisikan pengertian badan usaha.
5. Mendeskripsikan hubungan antara perusahaan dan badan
usaha.
6. Mengidentifikasi beberapa jenis badan usaha (menurut
pemilik modal maupun bentuk badan hukumnya)
7.
Mendeskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir Logis,
Disiplin, Cerdas, Keberanian, Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban)
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian usaha dan perusahaan
2. Tujuan dari perusahaan
3. Macam-macam perusahaan
4. Pengertian badan usaha
5. Jenis badan usaha
6. Peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Make a match
3. Diskusi
4. Tanya
jawab
G.
Strategi
Pembelajaran
Pertemuan 1
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi
:
1) Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dalam proses pembelajaran. (NKB kebersihan,
kerapihan, dan persiapan alat serta media yang diperlukan)
2) Salah
seorang siswa memimpin doa.
3) Guru
mengecek kehadiran siswa.
4) Peserta
didik ditanya tentang pembelajaran materi minggu lalu
5) Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
Siswa Diminta
menyebutkan beberapa peruahaan yang ada di daerah sekitarnya.
(NKB : Harapan, Cinta Tanah Air, Berpikir, logis,
Disiplin, Cerdas, Keberanian,
Kejujuran, Cinta damai dan Rela berkorban).
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Guru
membuka pembahasan dengan menjelaskan
tentang macam-macam Badan Usaha dan Perusahaan
2. Siswa
mengamati gambar-gambar yang diberikan guru mengenai macam-macam perusahaan.
a. Ekstraktif
b. Agraris
c. Industri
d. Perdagangan
e. Jasa
3. Setelah
mengamati gambar siswa diberikan waktu untuk bertanya
mengenai hal-hal yang berhubungan dengan badan usaha dan perusahaan.
4. Siswa mencari pasangan antara konsep dan gambar yang
berkaitan dengan setiap bidang perusahaan.
5. Setelah menemukan pasangan antara konsep dan gambar
kemudian bidang perusahaan yang sejenis membentuk kelompok
6. Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS
7. Siswa mecari sumber lain baik dari buku teks maupun
internet yang berkaitan dengan jenis Badan usaha dan perusahaan.
8. Siswa menyelesaikan lembar kerja siswa secara
berkelompok sesuai dengan tema kelompoknya masing-masing.
9. Siswa menuliskan kembali hasil dari diskusi dengan
kelompoknya dan menyelesaikan lembar kerja siswa sesuai dengan tema
masing-masing kelompoknya.
10. Seorang siswa yang dipilih secara acak dari setiap
kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya
11. Kelompok yang lain dipersilahkan bertanya,
menambahkan, dan menyanggah apa yang disampaikan.
|
50
menit
|
3
|
Penutup
Konfirmasi
Penilaian
Guru memberikan penilaian
kepada siswa selama proes pembelajaran berlangsung
Refleksi
Guru memberikan kesimpulan tentang
pelajaran yang baru saja berlangsung dan menanyakan pada peserta didik apa
manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari topik tentang macam-macam badan usaha dan perusahaan.
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
BSE mata pelajaran IPS untuk kelas VII
2. Media Gambar
3. Lingkungan
I.
Penilaian
1. Jenis
tagihan :
tes / non tes
2. Teknik
:
kuis, tes tertulis
3. Bentuk
instrumen : uraian singkat dan pertanyaan lisan.
4. Soal
intrumen
:
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.
Definisikan
pengertian usaha dan badan perusahaan!
2.
Identifikasi
macam-macam perusahaan dilihat dari bidang usahanya!
3.
Identifikasi
tujuan dari perusahaan!
4.
Definisikan
pengertian badan usaha!
5.
Deskripsikan
hubungan antara perusahaan dan badan usaha!
6.
Identifikasi
beberapa jenis badan usaha dilihat dari pemilik modalnya!
7.
Identifikasikan
beberapa jenis badan usaha dilihat dari bentuk badan hukumnya!
8.
Deskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi!
9.
Deskripsikan
peranan pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi!
Bandung, 18
Mei 2015
Guru Pamong,
Guru Praktikan,
Oma Rohmawati, S.Pd Rifal Nurkholiq
NIP. 196406121984112002 NIM. 110350
Lampiran
Anggota :
Kelompok perusahaan :
Materi : Perusahaan dan Badan Usaha
Alokasi
Waktu : 40 menit
Petunjuk
·
Kerjakan
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini secara berkelompok
·
Carilah
sumber informasi yang beragam baik cetak maupun internet untuk menjawab soal di
Lembar Kerja Siswa (LKS) ini
·
Cantumkan
sumber informasi yang kalian gunakan dalam menjawab soal LKS ini.
1. Pertamina
4. Alfamart
|
2.
Perhutani
3. Dirgantara Indonesia
5. Garuda Indonesia
|
3. Dirgnesia
|
1. Coba identifikasi
perusahaan-perusahaan dari kelompokmu berdasarkan kepemilikan modalnya!
2.
Menurut pendapat kelompokmu dari perusahaan tersebut,
manakah yang paling penting terhadap hajat hidup orang banyak?
3.
Buat profil salah satu perasahaan tersebut. Sertakan
hal-hal atau masalah terbaru yang terjadi pada perusahaan tersebut!
*** SELAMAT MENGERJAKAN
***
No comments:
Post a Comment