3/07/2014

Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

            

A.  Pengertian Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

            Untuk dapat memahami perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui tentang definisi dari macam penelitian tersebut berdasarkan para ahli. Berikut adalah hasil pemikiran dari para ahli mengenai model penelitan kualitatif dan kuantitatif:
Sugiyono (2013, hlm 14), memandang bahwa metode penelitian kuantitatif berlandaskan filsafat positivisme sedangkan metode penelitian kualitatif berlandaskan postpositivisme, seperti yang dikemukakannya bahwa

Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara puirposive dan snowboal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi

Selain Sugiono, metolog luar seperti Kirk dan Miller (1986) mendefinisikan
Metode kualitatif sebagai tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan terhadap manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dalam peristilahan.

Sedangkan menurut Bogdan dan Taylor (1975) dalam buku Moleong (2004:3) mengemukakan “metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamat”.

Miles and Habermas (1994) dalam Sukidin (2002:1) mengatakan
metode kualitatif berusaha mengungkapkan berbagai keunikan yang terdapat dalam individu, kelompok, masyarakat, dan/atau organisasi dalam kehidupan sehari-hari secara menyeluruh, rinci dalam, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dari berbagai definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitan kualitatif lebih menakankan kepada aspek pencarian solusi dari masalah dengan hasil akhir suatu produk berupa hipotesis atau teori, sedangkan penelitian kuantitatif memfokuskan diri terhadap purubahan dari objek yang diteliti dengan menggunakan angka (statistik) untuk mendapatkan keobektivannya.


B.                 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Untuk mengidentifikasi karakteristik dari model penelitian kuantitatif dan kualitatif, maka harus diketahui perbedaanya “Perbedaan antara kualitatif dan kuantitatid meliputi tiga hal yaitu perbedaan tentang aksioma, proses penelitian, dan karakteristik penelitian itu sendiri.” (Sugiono, 2013. hlm.16).
1.    Perbedaan Aksioma
Aksioma adalah pendapat yang dijadikan pedoman dasar. Aksioma penelitian kuantitatif meliputi aksioma tentang realitas, hubungan peneliti dengan yang diteliti, hubungan variable, kemungkinan generalisasi, dan peranan nilai.

PERBEDAAN AKSIOMA ANTARA METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF

No
Aksioma Dasar
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
1
Sifat realitas
Dapat diklasifikasikan,konkrit, teramati, terukur
Ganda, holistic, hasil konstruksi dan pemahaman
2
Hubungan peneliti dengan yang diteliti
Independen, supaya terbangun obyektivitas
Interaktif dengan sumber data supaya memperoleh makna
3
Hubungan variable
Sebab-akibat (kausal)
Timbal balik/interaktif
4
Kemungkinan generalisasi
Cenderung membuat generalisasi
Transferability (hanya mungkin dalam ikatan konteks dan waktu)
5
Peranan nilai
Cenderung bebas nilai
Terikat nilai-nilai yang dibawa peneliti dan sumber data



2.    Proses Penelitian
Perbedaan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif juga dapat dilihat dati proses penelitian.Untuk dapat membedakannya, berikut penjelasan mengenai proses penelian kuantitatif dan kualitatif:

a.    Proses Penelitian Kuantitatif

Seperti telah diketahui penelitian pada dasarnya bertujuan untuk menjawab masalah, yaitu penyimpangan dari apa yang seharusnya dengan apa yang terjadi sesungguhnya. Peneliti terlebih dahulu mencari masalah, untuk dapat menggali masalah dengan baik, maka peneliti harus menguasai teori melalui membaca berbagai referensi. Selanjutnya supaya masalah dapat dijawab dengan baik masalah tersebut dirumuskan secara spesifik, pada umumnya dibuat dalam bentuk kalimat tanya. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti membuat dugaan sementara (hipotesis) untuk memberikan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian.
            Untuk menguji hipotesistersebut peneliti dapat memilih strategi/pendekatan/desain penelitian yang sesuai dan dirasa cocok dengan masalah yang diteliti.
            Setelah metode penelitian yang sesuai dipilih, maka peneliti dapat menyusun instrument penelitian. Instrumen ini digunakan sebagai alat pengumpul data yang dapat berbentuk angket/kuisoner, untuk pedoman wawancara atau observasi.
            Setelah data terkumpul, maka selanjutnya dianalisis untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis dengan menggunakan teknik statistik tertentu. Berdasarkan analisis ini dapat disimpulkan apakah hipotesis yang diajukan ditolak atau diterima, apakah sesuai dengan hipotesis atau tidak.
            Kesimpulan adalah langkah akhir dari suatu penelitian yang berupa jawaban terhadap rumusan masalah. Berdasarkan prosesnya dapat disimpulkan bahwa penelitian kuantitatif bersifat linier, dimana langkah langkahnya jelas, mulai dari rumusan masalah, berteori, berhipotesis, mengumpulkan data, analisis data dan membuat kesimpulan dan saran.

b.    Proses penelitian Kualitif

Tahap pertama penelitian kualitatif disebut tahap orientasi atau deskripsi, dengan grand tour  question. Pada tahap ini peneliti mendeskripsikan segala informasi yang diperolehnya.
Tahap kedua yaitu disebut tahap reduksi/fokus. Pada tahap ini peneliti mereduksi segala informasi yang telah diperoleh pada tahap I untuk memfokuskan pada masalah tertentu. Pada tahap ini peneliti menyortir data dengan cara memilih mana data yang menarik, penting, berguna dan baru. Data yang dirasa tidak dipakai disingk irkan.
Tahap ketiga yaitu tahap selection. Pada tahap ini peneliti menguraikan focus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci. Bila dibaratkan pohon, kalau tahap fokus itu baru pada aspek cabang, maka kalau pada tahap selection peneliti sudah mengurai sampai ranting, daun dan buahnya. Setelah peneliti melakukan analisis yang mendalam terhadap data dan informasi yang diperoleh, maka peneliti dapat menemukan tema dengan cara mengkostruksikan data yang diperoleh menjadi suatu bangunan pengetahuan, hipotesis atau ilmu yang baru.
Hasil akhir dari penelitian kualitatif, bukan sekedar menghasilkan data dari informasi yang sulit dicari melalui metode kuantitaf, tetapi juga harus mampu menghasilkan informasi-informasi yang bermakna, bahkan hipotesis atau ilmu baru yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah dan meningkatkan taraf hidup manusia.

3.    Karakteristik Penelitian
Karakteristik penelitian kualitatif menurut Bogdan and Biklen (dalam Sugiyono, 2013, hlm. 21) adalah sebagai berikut:
a.    Dilakukan dalam kondisi yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen), langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrumen kunci.
b.    Peneltian kualitatif lebih bersifat deskriptif. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka
c.    Penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses daripada produk atau outcome
d.    Penelitian kualitatif melakukan analisis data secara induktif
e.    Penelitian kualitatif lebih menekankan makna (data yang dibalik yang teramati).
Selanjutnya untuk memahami lebih jelas mengenai perbedaan karakteristik antara penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat dilihat dengan membandingkan antara kedua metode tersebut. Berikut dikemukakan perbedaan karakteristik antara metode kualitatif dan kuantitatif




KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF

No
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
1
A.  Desain
a.    Spesifik, jelas, rinci
b.    Ditentukan secara mantap sejak awal
c.    Menjadi pegangan langkah demi langkah
A.  Desain
a.    Umum
b.    Fleksibel
c.    Berkembang dan muncul dalam proses penelitian

2
B.  Tujuan
a.    Menunjukan hubungan antar variable
b.    Menguji teori
c.    Mencari generalisasi yang mempanyai nilai prediktif
B. Tujuan
a. Umum
b. Fleksibel
c. Menggambarkan realitas yang kompleks
d. Memperoleh pemahaman makna

3
C.  Teknik Pengumpulan Data
a.    Kuisoner
b.    Observasi dan wawancara terstruktur
C. Teknik Pengumpulan Data
a. Participant observation
b.In depth interview
c. Dokumentasi
d. Tringulasi
4
D.  Instrumen Penelitian
a.    Test, angket, wawancara terstruktur
b.    Instrumen yang terstandar
D. Instrumen Penelitian
a. Peneliti sebagai instrumen
b. Buku catatan, tape recorder, camera, hendycam dan lain-lain
5
E.   Data
a.    Kuantitatif
b.    Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrument
E. Data
a. Deskriptif
b. Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dan lain-lain
6
F.   Sampel
a.    Besar
b.    Representatif
c.    Sedapat mungkin random
d.    Ditentukan sejak awal
F. Sampel
a. Kecil
b.Tidak resprentetatif
c. purposive
d. berkembang selama proses penelitan
7
G.  Analisis
a.    Setelah selesai pengumpulan data
b.    Deduktif
c.    Menggunakan statistik untuk menguji hipotesis
G. Analisis
a. terus menerus dari awal sampai akhir penelitian
b. Induktif
c. Mencari pola, model, tema, teori
8
H.  Hubungan dengan Responden
a.    Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif
b.    Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
c.    Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
H. Hubungan dengan Responden
a. empati, akrab supaya memperoleh pemahaman yang mendalam
b. kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsultan
c. Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditentukan hipotesis atau teori
9
I.     Usulan Desain
a.    Luas dan rinci
b.    Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti
c.    Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya
d.    Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas
e.    Hipotesis dirumuskan dengan jelas
f.      Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
I. Usulan Desain
a. Singkat, umum bersifat sementara
b. Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama
c. Prosedur bersifat umum
d. Masalah bersifat sementara
e. Tidak dirumuskan hipotesis, karna justru akan menemukan hipotesis
f. Fokus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan
10
J.    Kapan penelitian dianggap selesai?
Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
J. Kapan penelitian dianggap selesai?
Setelah tidak ada data yang dianggap baru (jenuh)
11
K.  Kepercayaaan terhadap Hasil Penelitian
Pengujian validitas dan reabilitas instrumen
L.   Kepercayaaan terhadap Hasil Penelitian
Pengujian kredibilitas, dipenabilitas, proses dan hasil penelitian


Dari berbagai aspek karakteristik pembeda penelitian kuantitatif dan kualitatif.diatas yaitu  aksioma, proses penelitian dan karakter penelitian. Ada banyak hal yang membedakan penelitian tersebut. Untuk penggunaannya dalam penelitian tergantung kepada masalah apa yang ingin diteliti, informasi yang dimiliki, serta tujuan dari penelitian itu sendiri.
Antara metode kuantitatif dan kualitatif tidak perlu dipertentangkan mengenai yang mana yang lebih baik, karena mereka saling melengkapi dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Dan dewasa ini penelitian membutuhkan pendekatan dari kedua penelitan tersebut, hanya saja ada satu jenis diantaranya yang mendominasi tergantung dari pertimbangan si peneliti. Karena deskripsi tanpa data angka dirasa kurang objektif, dan angka untuk mengukur segalanya dianggap tidak manusiawi
























DAFTAR PUSTAKA

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2012) Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Pustaka.

Burhanudin, Arif. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. [Online].


No comments:

Post a Comment