3/07/2014

Peranan Statistik dalam Penelitian


1.     Perbedaan Statistika Inferensial dan Deskriptif
Menurut Sugiyono dalam bukunya statistika untuk penelitian (2013:23) “statistika infresial adalah statistika yang digunakan untuk menganalisisa sample, dan hasilnya akan digeneralisasikan (diinferensikan) untuk populasi dimana diambil sample” Sedangkan statistika deskriptif (Sugiyono 2013:21) adalah statistika yang digunakan  untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (generalisasi/inferensi). Bila melihat definisi menurut Sugiyono sebenarnya statistika infresial dan deskriptif merupakan salah satu alat untuk menganalisis dan alat untuk membuat keputusan namun statistika infersial cakupanya lebih luas karena statistika deskriptif mengumpulkan data-data atau penyajian suatu pengamatan yang nantinya disajikan atau diolah secara bentuk gambaran saja seperti berupa diagram, grafik dan table. Sedangkan statistika inferensial pengumpulan data atau analisis data dari sample yang nantinya ditarik sebuah opini atau kesimpulan. Sehingga perbedaan mendasarnya terletak pada hasil dari analisis yang disajikanya.

2.    Peranan Statistik dalam Penelitan
Sugiono dalam bukunya “Statistika untuk Penelitain” (2013: 20) menggambarkan peranan statistik dalam penelitian sbb:
1.  Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Dengan demikian jumlah sampel yang diperlukan lebih dapat dipertanggungjawabkan.
2.  Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument. Sebelum instrument digunakan untuk penelitian, maka harus diuji validitas dan relabilitasnya terlebih dahulu.
3.  Teknik-teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunikatif. Teknik-teknik penyajian data seperti ini antara lain: table, grafik, diagram lingkaran dan pictogram.
4.  Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistik yang digunakan antara lain: korelasi, regresi, t-test, anova dll
Statistik memegang peranan yang penting dalam penelitian terutama metode penelitian kuantitatif, statistik berperan baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesa, dalam pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, dalam penyusunan desain penelitian, dalam penentuan sampel dan dalam analisa data. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisa data tidak luput dari penerapan teknik dan metode statistik tertentu, yang mana kehadirannya dapat memberikan dasar bertolak dalam menjelaskan hubungan-hubungan yang terjadi. Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui apakah hubungan kausalitas antara dua atau lebih variabel benar-benar terkait secara benar dalam suatu kausalitas empiris ataukah hubungan tersebut hanya bersifat random atau kebetulan saja.
Statistik telah memberikan teknik-teknik sederhana dalam mengklasifikasikan data serta dalam menyajikan data secara lebih mudah, sehingga data tersebut dapat dimengerti secara lebih mudah. Statistik telah dapat menyajikan suatu ukuran yang dapat mensifatkan populasi ataupun menyatakan variasinya, dan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kecenderungan tengah-tengah dari variabel.
Statistik dapat menolong peneliti untuk menyimpulkan apakah suatu perbedaan yang diperoleh benar-benarberbeda secara signifikan. Apakah kesimpulan yang diambil cukup refresentatif untuk memberikan infrensi terhadap populasi tertentu.
Teknik-teknik statistik juga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa, mengingat tujuan penelitian pada umumnya adalah untuk menguji hipotesa-hipotesa yang telah dirumuskan, maka statistik telah banyak sekali menolong peneliti dalam mengambil keputusan untuk menerima atau menolak suatu hipotesa. Statistik juga dapat meningkatkan kecermatan peneliti dalam rangka mengambil keputusan terhadap kesimpulan-kesimpulan yang ingin ditarik.
Penarikan kesimpulan secara statistik memungkinkan peneliti melakukan kegiatan ilmiah secara lebih ekonomis dalam pembuktian kebenaran hipotesis (dugaan sementara) yang terlebih dahulu dirumuskan.

DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fajarsidique. (2011). Statistika Deskriptif dan Induktif . [Online]

Juwita, S. (2011). Kedudukan Statistik dalam penelitain. [Online]


1 comment: